Jalan Nasional Rusak Parah- Mahasiswa Lebak Tanami Pohon Pisang

. Keluarga Mahasiswa Lebak (Kumala) menanami pohon pisang di Bypass Soekarno-Hatta, Sabtu (14/4).


Jalan nasional ini merupakan akses strategis menuju Jakarta.

Pantauan RMOL Banten, Pohon Pisang ini ditanaman tepat di lampu merah Sumur Buang.

Ketua Umum Kumala, Riyad Fahmi, menyatakan aksi terpaksa dilakukan sebagai ekspresi kekecewaan mahasiswa lantaran kondisi jalan yang masih memprihatinkan.

Disisi lain kata dia, pemerintah sedang gembor-gembornya membanggakan proyek infrastruktur terutama jalan.

"Kenyataannya jalan terdekat dari Jakarta di Kabupaten Lebak masih banyak yang rusak parah," katanya.

Kerusakan ruas Rangkasbitung-Cigeuling, tegas Fahmi memperlihatkan bukti ketidakpekaan pemerintah dalam menyikapi berbagai keluhan masyarakat. Padahal Presiden Joko Widodo, sudah tiga kali mengunjungi Lebak.

"Presiden sudah tiga kali mengunjungi Lebak, akan tetapi manfaatnya mana. Seharusnya kedatangan membawa dampak positif bagi warga Lebak. Kita lihat jalan nasional ini dalam keadaan rusak, berlubang dan becek. Seharusnya ini tidak terjadi. Sebagai tanda protes, kami terpaksa menanami pohon pisang di beberapa titik yang ada di jalan ini,” kata Riyad Fahmi.

Fahmi berharap pemerintah pusat sesegera mungkin melakukan perbaikan. Jangan korban jiwa bertambah, apalagi momen bulan Ramadhan dan Idul Fitri akan segera tiba.

Selain itu, pemerintah daerah Lebak juga kata Fahmi, jangan berdiam diri lakukan lobi-lobi untuk mensegarakan perbaikan jalan-jalan vital yang ada di Lebak.

"Harus segera diperbaiki, agar jalan nasional ini dapat digunakan dengan baik dan dinikmati oleh masyarakat,” kata Riyad lagi.

Tarsikum Sarjum, salah seorang pengguna jalan menyatakan ikut mendukung aksi tanam pohon pisang yang dilakukan oleh mahasiswa Lebak. Sebab kata dia,  jalan itu sudah terlalu lama dibiarkan.

”Saya juga mengharapkan adanya perbaikan, apalagi status jalan ini kan jalan nasional, saya dukung aksi mahasiswa yang menanam pohon pisang,” katanya.