Lebaran- Lahan 11 Proyek Strategis Nasional Tuntas

Proses pembebasan lahan untuk 11 proyek strategis nasional (PSN) yang ada di Banten ditargetkan rampung pada lebaran tahun ini.


Tujuh satuan kerja kementerian agraria dan tata ruang/badan pertanahan nasional (ATR/BPN) di kabupaten/kota telah menyatakan kesiapan dan keseriusannya.

Kepala Kanwil ATR/BPN Banten, Yusuf Purnama, beberapa waktu lalu membenarkan target penyelesaian lahan akan diselesaikan pada pertengahan tahun ini.
 
"11 PSN di Banten akan seluruhnya terbebaskan pada Juni mendatang. Sebab, sebagian PSN ditargetkan sudah beroperasi pada 2019," katanya.

Ia menjelaskan, saat ini pihaknya bersama pemerintah pusat dan daerah sedang gencar-gencarnya melakukan pembebasan bakal lahan PSN.

Tiga bulan lagi kita kerja, Juni ditargetkan semua (bakal lahan) selesai (dibebaskan),” imbuhnya.

Target waktu penyelesaian bakal lahan PSN yang kini sudah semakin mepet itu, kata dia, mau tak mau harus ditetapkan.

Fisiknya di 2019 harus dipakai. Runway 3 Bandara Soekarno Hatta misalnya, 2019 sudah operasional. Bagaimana mau operasional kalau lahannya belum beres. Makannya dikebut lahannya dulu,” terangnya.

Dari 11 PSN yang masih dalam proses penggarapan, kata dia, proses pembebasan bakal lahan tiga di antaranya selesai lebih cepat, yaitu pada Mei mendatang.

Sedangkan untuk Waduk Karian, Yusuf berpikiran sebaliknya. Pembebasan lahan salah satu PSN itu diperdiksi belum bisa selesai dalam waktu dekat.
Namun dia tak merinci progres pembebasan lahan setiap PSN yang ada di Banten.

Yang dijadwalkan di Mei itu 3 PSN, yaitu runway 3 Bandara Soekarno Hatta, Tol JORR (Jakarta Outer Ring Road, Tol Serpong-Cinere) dan (Waduk) Sindangheula. Yang masih lama (Waduk) Karian karena masih banyak hal (permasalahan,red) di sana,”paparnya.

Untuk memudahkan proses pembebasan, BPN pun instens menjalin komunikasi dengan aparat desa. Mereka diakui Yusuf sangat berjasa dalam proses penelusuran rekam jejak kepemilikan lahan.

Kami dibantu aparat desa, mereka sangat tahu, ini (lahan) siapa, tahu betul. Itu membantu sekali,” tuturnya.

Seperti diketahui, 11 PSN di Banten yang membutuhkan pembebasan lahan terdiri atas Tol Serang-Panimbang, Tol Kunciran-Serpong, Tol Serang-Cinere, dan Tol Serpong-Balaraja. Pembangunan runway 3 Bandara Soetta.

Pembangunan transmisi interkoneksi Sumatera-Jawa, Waduk Karian, Waduk Sindahheula, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung. Kemudian percepatan infrastruktur transportasi, listrik, dan air bersih untuk kawasan strategis pariwisata nasional Tanjung Lesung serta Kawasan Industri Wilmar.

Sedangkan dua PSN lainnya yang ada di Banten seperti kereta api ekspres Soekarno Hatta (Soetta)-Sudirman sudah beroperasi. Sedangkan Bandara Banten Selatan Panimbang telah dicoret pemerintah pusat.

Dalam beberapa kesempatan, Sekretaris Komisi IV DPRD Banten, Najib Hamas mengatakan, pembebasan bakal lahan salah satu PSN yaitu Waduk Sindangheula harus terlaskana tahun ini. Jika gagal, maka itu akan berdampak pada proses pembangunan fisiknya.

Alokasi pengadaan lahan tersebut harus bisa terserap di 2018, agar tidak mengganggu progres pelaksanaan konstruksi. Sebab, lokasi (yang belum dibebaskan) tersebut posisinya di lokasi inti konstruksi utama,” tuturnya.

Meski ada target pembabasan lahan harus selesai di 2018, namun Pemprov dan pihak terkait lainnya juga harus tetap mengacu pada aturan yang berlaku. Hal tersebut dilakukan agar tidak menjadi polemik di kemudian hari.

Oh iya tentu, mekanismenya harus tetap mengacu kepada norma aturan yang berlaku,” imbuhnya.[mor