Catat Generasi Milineal Tutup AHY Saba Banten

Ketua Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Agus Harimurti Yudhoyono mencatat aspirasi generasi milenial di penghujung lawatannya 'AHY Saba Banten' di Provinsi Banten.


AHY menutup gerilya dengan acara Ngobrol Santai Bareng AHY” di Cafe Fifo, Ciputat, Tangerang Selatan, Selasa (24/4) malam.

Dalam giat ini, AHY mendengarkan dan mencatat langsung aspirasi generasi milenial.

Mahasiswa jurusan Ilmu Politik Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Fajar memanfaatkan kesempatan ini untuk menyampaikan tentang ruang anak muda terjun ke politik yang masih minim. Padahal anak muda belakangan selalu dijadikan target politik.

"Hari ini politik anak muda semakin abstrak dan hanya dibiarkan jadi penonton pasif dan sulit menjadi pemain aktif dan belum berbicara tentang gagasan dan  program yang berpihak terhadap anak muda,” tutur Fajar kepada AHY sebagaimana keterangan tertulis yang diterima redaksi, Rabu (25/4).

Kepada AHY, dia bertanya ruang anak muda untuk ikut berpartisipasi di politik. Sebab, anak muda kini butuh substansi dan isi.

Menanggapi pertanyaan Fajri ini, AHY setuju dan mengajak anak muda terlibat dalam proses politik. Anak muda, kata dia, tidak boleh cuma bisa menggerutu soal politik dan pemimpin.

"Ayo kita anak-anak muda ketika ingin terjadi perubahan, awali dari diri kita sendiri. Tidak semua harus terjun langsung jadi anggota parpol. Yang saya maksudkan aktif  berpartisipasi dalam politik adalah suarakan gagasan kita, ide kita,” ajak AHY kepada para pemuda.

Kata dia banyak caranya untuk berpartisipasi di politik. Anak muda bisa menggunakan media sosial dengan baik dan bijak, menggunakan kemampuan menulis, dan memanfaatkan kesempatan berdiskusi di warung-warung kopi dengan komunitas dan organisasi kepemudaan.

Gunakan suara kita karena kita ingin proses demokrasi di Indonesia benar-benar melahirkan gagasan-gagasan terbaik dan pemimpin-pemimpin terbaik  untuk Indonesia. Itu yang paling tidak bisa kita lakukan di awal,” terangnya.

Setibanya di Cafe Fifo, AHY yang didampingi istri Annisa Pohan disambut dengan persembahan bakat-bakat menyanyi para pemuda Tangsel. Lagu Pergi Pagi Pulang Pagi” yang  sering dinyanyikan AHY pun dilantunkan untuk Komandan Kogasma Partai Demokrat tersebut bersama sang istri.

Seisi ruangan pun ikut berdendang dan bertepuk tangan bersama menambah suasana akrab malam itu. Sebelum meninggalkan tempat, AHY pun menyempatkan untuk menyapa dan berfoto bersama para muda-mudi yang berebutan ingin dekat dengannya.

Selama dua hari sejak tanggal 23 April, AHY berkeliling provinsi Banten dalam kegiatan #AHYSabaBanten. AHY terus bertemu dan menyapa masyarakat yang ada di 7 kabupaten/kota se-Banten untuk bersilaturahmi, mendengarkan, dan mencatat aspirasi. [dzk]