Langkah Awal Perjalanan Panjang Menuju Korea Bersatu

SAYA merasa terharu bahwa akhirnya pada hari bersejarah 27 April 2018, Kim Jong Un berjumpa dengan Moon Jae In dengan silih berganti melintasi Garis Demarkasi Militer (MDL) di Kawasan Demiliterisasi Panmunjon di semenanjung Korea.


Baca juga: Jabat Tangan Bersejaran Dua Korea Di Perbatasan

Kedua negara pernah terlibat dalam Perang Korea 1950-1953 yang berakhir dengan gencatan senjata namun tanpa kesepakatan damai.

Korea Terbelah
Musibah Korea Terbelah merupakan warisan Perang Dunia II yang sudah berpuluh tahun tak kunjung terselesaikan.

Insya Allah, langkah awal Kim dan Moon demi mempersatukan kembali bangsa Korea serta menghadirkan perdamaian di dunia tersebut tidak diganggu oleh mereka yang menganut paham divide et empera. Mereka yang tidak ingin bangsa Korea bersatu kembali seperti Jerman dan Vietnam serta akibat kepentingan angkara murka tertentu tidak menginginkan perdamaian hadir di planet bumi yang cuma satu dan satu-satunya.

Insya Allah, pertemuan Kim dan Moon 27 April 2018 tidak akan kandas di tengah jalan seperti sebelumnya terbukti telah terjadi pada beberapa pertemuan antara kedua pemimpin kedua negara yang sebenarnya merupakan satu bangsa tersebut.

Doa
Maka marilah kita bersama bersujud demi memanjatkan doa permohonan kepada Yang Maha Kuasa dan Maha Kasih berkenan memberikan kekuatan lahir-batin kepada bangsa Korea untuk mau dan mampu gigih berjuang menempuh perjalanan panjang sarat kemelut debu campur debu berpercik keringat, air mata dan darah demi mempersatukan kembali bangsa Korea serta menghadirkan perdamaian di semenanjung Korea yang serta merta menghadirkan perdamaian di dunia.[dzk]