Pemkot Tangerang Diganjar Penghargaan Kinerja Terbaik

Pemerintah Kota Tangerang meraih penghargaan di tingkat nasional dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).


Kota Tangerang meraih predikat sebagai pemerintah daerah yang berprestasi kinerja terbaik yang dinilai dari Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EKPPD) tahun 2017 berdasarkan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) tahun 2016 yang disampaikan oleh para kepala daerah.

Atas penilaian tersebut, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menetapkan tiga provinsi, sepuluh kabupaten, dan sepuluh kota berprestasi kinerja tertinggi secara nasional di mana kota Tangerang termasuk di dalamnya.

Sebagai informasi EKPPD sendiri dilakukan untuk menilai kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah dalam upaya peningkatan kinerja berdasarkan prinsip tata kepemerintahan yang baik.

Direktur Jenderal Otonomi Daerah, Soemarsono menjelaskan, setiap tahunnya Kemendagri bersama kementerian/lembaga terkait melakukan EKPPD terhadap kinerja pemerintahan daerah mulai dari tingkat Provinsi hingga Kabupaten/Kota.

Lebih lanjut Soemarsono menjabarkan, kriteria pemilihan daerah terbaik yang menerima penghargaan di malam puncak peringatan Hari Otonomi Daerah ke-22 didasarkan pada hasil kunjungan lapangan yang dilaksanakan oleh Kemendagri dengan melihat inovasi pelayanan publik khususnya di bidang pelayanan dasar, tingkat konsistensi dan efektivitas, serta tingkat kepuasan masyarakat terhadap kualitas pelayanan publik yang diberikan.

"Total ada 700 indikator dalam penilaian, dan mengikutsertakan berbagai kementerian dan lembaga terkait untuk proses penilaian kinerja pemerintah daerah," paparnya saat acara puncak peringatan Hari Otda ke-22 di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta, belum lama ini. 

Pejabat Sementara (PJs) Walikota Tangerang, M. Yusuf yang hadir didampingi Sekretaris Daerah, Dadi Budaeri mengutarakan apresiasinya kepada seluruh unsur pemerintah kota Tangerang atas dedikasi dan kerja keras dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat kota Tangerang.

"Apa yang sudah diraih, harus bisa jadi motivasi kepada birokrat kota Tangerang untuk dapat terus berinovasi dan meningkatkan pelayanan kepada warganya," tutur Yusuf.

Kota Tangerang bersanding dengan sejumlah kota dan kabupaten lain di Indonesia seperti kota Malang, kota Bandung, kota Surabaya serta kabupaten Tulungagung dalam predikat sebagai pemerintah daerah yang berprestasi kinerja terbaik tahun 2018. [dzk]