Nyaris Lolos- Benih Lobster Diselundupkan Dalam Koper

Penyelundupan benih lobster di Bandara Soekarno Hatta berhasil digagalkan petugas Avsec di Terminal 2 pada Rabu, (3/5) malam.


Aksi penyelundupan tersebut nyaris saja lolos dan membuat aparat Bandara Soetta terkecoh dengan modus baru yang dilancarkan pelaku. Modus penyelundupan benih lobster ini dimasukan ke dalam 22 kemasan plastik di koper milik penumpang maskapai Batik Air tujuan Kendari-Ujung Pandang.

Branch Communication Manager Bandara Soekarno Hatta, Haerul Anwar mengatakan, pemilik koper yang masih dalam kejaran petugas ini berencana menyelundupkan benih lobster ini ke Singapura dengan menggunakan maskapai yang sama.

"Kami hampir dikelabui oleh pelaku. Pada koper berwarna hitam ini melekat stiker Fragile. Seolah-olah koper tersebut berisikan benda pecah belah," kata Haerul.

Menurutnya, petugas sempat menaruh curiga.  dan akhirnya dilakukan pemeriksaan manual. Pada saat dibuka, ternyata koper ini di dalamnya bersisikan 22 kemasan plastik yang di dalamnya benih lobster.

"Ini kami lakukan untuk mengantisipasi dan mencegah upaya penyelundupan agar tidak lolos dari Bandara Soetta," ujarnya.

Total barang bukti yang berhasil diamankan yakni sebanyak 990 ekor bayi lobster. Kemudian jajarannya menyerahkan ke Balai Besar Karantina Ikan Pengendalian Mutu (BKIPM) Bandara Soetta.

"Benih lobster ini akan dilepas liarkan ke habitat aslinya pada hari ini," pungkasnya.[mor]