Atasi Gejolak Pangan Dinas Ketapang Sebar 628 Ribu Ton Beras

RMOLBanten. Dalam rangka kesiapan mengantisipasi gejolak harga dan kendala ketersediaan pasokan pangan, besok (Rabu, 9/5) akan di launching Toko Tani Indonesia Center Daerah (TTIC-D) dan Apel Siaga Pengembangan Usaha Pangan Masyarakat (PUPM).


Kepala Dinas Ketapang Banten, Moh Ali Fadillah,  menjelaskan, launching TTIC-D  Banten dan Apel Siaga Pangan akan dibuka langsung Gubernur Banten, Wahidin Halim (WH) dan dihadiri seluruh Kepala OPD, unsur pimpinan Forkominda.

"Untuk mendukung suskesnya persiapan jelang HKBN ini, Apel Siaga Pangan akan diikuti 400 orang peserta yang terdiri dari 17 Gapoktan atau PUPM, 24 orang tim teknis PUPM tingkat kabupaten dan kota, 157 orang pendamping PUPM/TTI, asosiasi pelaku usaha pangan, peserta bazar dan pangan murah, pasar tani, para enumerator panel harga serta masyarakat lingkungan sekitar KP3B," ungkapnya.

Launching TTIC-D Banten dan Apel Siaga Pangan, dikatakan Ali, merupakan bentuk tanggung jawab Pemprov Banten yang mendapat dukungan penuh dari Kementan.

"Titik pusat kegiatan ini di halaman kantor Ketapang Banten di KP3B. Acaranya sendiri nanti 157 Gapoktan bergerak ke lapangan memasok beras yang disebarkan ke 595 TTI di Provinsi Banten dan Jabodetebek sebanyak 628 ribu ton beras. Pada launcing dan Apel Siaga akan dilaksanakan ikrar kesiapsiagaan Gakoptan LUPM Provinsi Banten," paparnya.

Yang tak kalah penting lagi, lanjut dia, pada kegiatan tersebut akan dilaksanakan komitmen seluruh komponen bisnis pangan.

"Kesepakatan dilaksanakan oleh Dinas Ketapang Banten denan Perum Bulog Divre DKI-Banten, dan PT Indoguna Utama dan Gakoptan LUPM untuk menjamin kemudahan suplay dan distribusi bahan makanan pokok ke titik-titik distribusi selama bulan Ramadhan dan Idul Fitri tahun 2018," terangnya.[mor]