Survei ICS- Maduro Menang Pemilu Venezuela

RMOLBanten. Capres petahana Nicolas Maduro diperkirakan akan melenggang dalam pemilu presiden yang akan digelar 20 Mei mendatang.


Dalam survei itu 55,9 persen atau 7,8 juta pemilih akan memilih Maduro dari dari Partai Sosialis Bersatu Venezuela atau PSUV. Angka itu melesat jauh dari dua pesaingnya.

Henri Falcon dari Partai Kemajuan Progresif yang terkenal anti-Chavista, dalam survei tersebut, diprediksi akan mengantongi 25,4 persen suara atau 3,5 juta pemilih dan calon independen, Javier Bertucci diprediksi mengantongi 16,2 persen suara atau sekitar 2,2 juta pemilih.

Sementara itu suara abstain atau belum tahu akan menjatuhkan pilihan pada siapa berjumlah 2,5 persen.

Pemilu Presiden Venezuela sendiri sejatinya dijadwalkan akan digelar Desember 2018, namun sempat akan dimajukan pada 22 April 2018 sebelum akhirnya diputuskan digelar di tanggal 20 Mei 2018.

Pemilihan akan diawasi oleh Dewan Pemilihan Nasional, dengan staf pemilu disusun melalui lotere pemilih terdaftar. Bukan hanya itu, tempat pemungutan suara juga dilengkapi dengan beberapa mesin voting layar sentuh DRE berteknologi tinggi. [dzk]