Pagelaran Wayang Kulit Memikat Warga Rusia

RMOLBanten. Pagelaran wayang kulit yang digelar KBRI Moskow berhasil memikat warga Rusia. Penampilan dalang kondang, Ki Anom Suroto dan Ki Bayu Aji, ditambah aksi dalang cilik Pramariza Fadlansyah dan Rafi Ramadhan berhasil membuat warga Rusia senang.


Sementara itu, Kepala Departemen Hubungan internasional Tchaikovsky Moscow State Conservatory, Margarita Karatyagina menyampaikan pertunjukan seperti ini belum pernah terjadi sebelumnya. Para penonton, kata dia, tidak beranjak dari tempat duduk hingga pagelaran usai dan memberikan applause yang panjang saat para seniman wayang dan penari, yang sebagian besar warga Rusia, berdiri berjajar memberikan hormat kepada para penonton.
 
Saya ingin lain kali pertunjukan wayang kulit berlangsung selama 8 jam,” ujar Margarita setelah mendengar bahwa aslinya wayang kulit dipentaskan dari pukul 9 malam sampai 5 pagi.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Federasi Rusia merangkap Republik Belarus, M. Wahid Supriyadi mengatakan pergelaran budaya Indonesia ini dipersembahkan untuk masyarakat Rusia agar lebih mengenal budaya Indonesia dan untuk lebih mempererat hubungan kedua bangsa.

Wayang kulit yang sudah diakui UNESCO diharapkan dapat menjadi bagian diplomasi budaya Indonesia di Rusia,” kata Duta Besar Wahid.

Warga Rusia tidak hanya menyaksikan pertunjukan wayang kulit, tetapi juga dapat memperoleh penjelasan tentang wayang kulit dan memainkannya dalam sebuah workshop yang dipandu langsung oleh Ki Bayu Aji di Tchaikovsky Moscow State Conservatory. [dzk]