Alhamdulillah- Hibah Untuk 3.000 Ponpes Cair

RMOLBanten. Forum Silaturahmi Pondok Pesantren (FSPP) memastikan jika hibah untuk 3.122 pondok Ponpes di Banten sudah bisa dicairkan.


Alhamdulillah tahap pertama untuk Kabupaten Serang sudah ya. Kemarin (Rabu, red) dibagikan ke 651 Ponpes se-Kabupaten Serang. Rencana Jumat ke Kota Tangerang, cuma 70 ponpes,” katanya.

Ia menjelaskan, bantuan tersebut akan diberikan ke seluruh Ponpes se-Banten yang masuk pangkalan datanya dan sesuai dengan pengajuan awal yang berjumlah 3.122. Seluruh Ponpes tersebut mampu memenuhi seluruh persyaratan sebagai calon penerima hibah sesuai peraturan Menteri Agama (PMA).

Semua. Kuota 3.122 itu semua kita penuhi. Pembagiannya dilakukan melalui kegiatan safari Ramadan, gubernur bersama FSPP. Kami berkeliling ke delapan kabupaten dan kota, sekaligus mempererat tali silaturahmi,” terangnya.

Untuk teknis pencairan, kata dia, diberlakukan mekanisme pemindahbukuan ke rekening masing-masing Ponpes melalui Bank Banten. Bantuan itu diberikan  sekaligus senilai Rp20 juta per Ponpes.

Lewat rekening pemindahbukuan. Jadi mereka nanti setelah dibagi buku (rekening) bisa ke Bank Banten. 8 Juni targetnya semua sudah. Per pondok Rp20 juta,” paparnya.

Sebelumnya diungkapnya, saat melakukan proses verifikasi, banyak Ponpes yang justru mendaftarkan diri sebagai calon penerima hibah. Akibatnya, jumlah ponpes menjadi bertambah ke angka sekitar 4.000an.

Ali mengaku, wajar saja dengan adanya penambahan tersebut karena bukan tidak mungkin ada yang terlewat saat pendataan awal. Adapun kemungkinan lainnya, ada Ponpes yang enggan didata dan baru bersedia setelah Pemprov Banten menggulirkan hibah.

Yang sekarang sih targetnya yang 3.122 itu, yang lain kebijakannya kita tampung, kita ajukan lagi ke Pemprov sesuai arahan Pak Gubernur agar semua Ponpes terfasilitasi,” ungkapnya.

Kepala Biro Kesra Banten, Irvan Santoso mengatakan, hibah Ponpes diberikan tersebar di delapan kabupaten dan kota se-Banten. Dana bantuan tersebut disalurkan langsung ke nomor rekening masing-masing Ponpes yang disalurkan melalui Bank Banten.

"Dana tersebut untuk operasional, sarana prasarana dan modal kewirausahaan," ungkapnya.[mor]