Menteri BUMN Resmikan Masjid Penata Tanara

RMOLBanten. Menteri BUMN RI, Rini M Soemarono, Kamis (24/5) meresmikan Masjid Agung Penata di Pondok Pesantren An Nawawi Tanara, Kabupaten Serang. Turut hadir menyaksikan persemian itu, Ketua MUI, KH. Maruf Amin.


Dalam sambutannya Rini menyampaikan rasa bangganya memberikan andil dan berada di pondok pesntren bersejarah dan mendunia ini.

"Kurang dari satu tahun lalu, kami mendokumenkan bersama-sama dengan BUMN. Kami sangat bangga membangun masjid yang nyaman ini, terima kasih telah diberikan kesempatan untuk mendirikan masjid ini, yang merupakan sumbangsih dari BUMN-BUMN," ujarnya.

Diharapkan Ponpes An Nawawi dapat memberikan sumbangsihnya terhadap kemajuan dan pembangunan   bangsa.

"Sebagian besar masyarakat kita saat ini adalah kaum muda. Dan doakan agar BUMB-BUMN kita kondisinya sehat, sehingga dapat memberikan bantuan-bantuan lainnya, dan Insya Allah tahun depan akan ada tambahan madrasah di sini, dari kami," jelasnya.

Sementara itu Ketua MUI, KH. Ma'ruf Amin mengatakan rasa terima kasihnya atas sumbangan kepada semua pihak sehinga pembangunan Masjid Agung Penata dapat berdiri kokoh dan dimanfaatkan.

"Mudah-mudahan apa yang dilakukan dengan membangun masjid, menjadikan surganya," ujarnya.

Cucu dari Syekh Nawawi Al Bantani ini menambahkan, fungsi masjid bukan hanya untuk ibadah, akan tetapi juga membangun karakter bangsa.

"Masjid ini ada tempat berdiskusi dan belajar. Fungsinya multi fungsi sekali. Jadi jangan takut, para santri lebih betah di masjid daripada di dalam kamarnya," imbunya.

Dalam kesempatan itu juga diberikan bantuan satu unit Pertashop kepada Ponpes An Nawawi Tanara Serang yang diserahkan Plt Direktur Utama Pertamina, Nickie Widyawati.

Pertashop ini untuk memenuhi kebutuhan bahan bakar minyak (BBM) bagi masyarakat sekitar Tanara.

"Pertashop merupakan paket one stop shop of Pertamina Products yang terdiri dari satu unit SPBU Modullar dengan kapasitas 5 Kiloliter (KL) Pertalite, satu unit outlet Bright Gas ukuran 5 Kg, 12 Kg dan Bright Gas Can Serta satu unit Ollie Mart yang menjual product Enduro dan Fastron yang dilengkapi dengan fasilitas penggantian oli untuk para konsumen," jelas Nicke seraya menyerahkan bantuan tersebut kepada KH. Maruf Amin.

Diketahui, pembangunan Masjid Agung Penata menelan biaya sebesar Rp5,5 miliar. Bantuan tersebut sinergi dari program CSR Bank Mandiri, PLN senilai masing-masing Rp2,25 miliar, serta PT WIKA Rp1 miliar.[mor]