Wahyul Ketua KPU Banten 2018-2023

RMOLBanten. Setelah resmi dilantik sebagai komisioner KPU Banten periode 2018-2023 di salah satu hotel berbintang di Jakarta, Kamis (24/5) pagi, komisioner KPU Banten langsung menggelar rapat pleno, Kamis malam.


Tak hanya itu, pleno yang dimulai pada pukul 20.00 sampai dengan 22.30 WIB tersebut juga menentukan koordinasi wilayah/daerah (Korwil/Korda) dan koordinator divisi (Koriv).

Ketua KPU Banten terpilih, Wahyul Furqon melalui sambungan teleponnya mengucapkan rasa terima kasih kepada seluruh komisioner yang sudah mempercayakan pucuk pimpinan di lembaga tersebut kepada dirinya. Menurunnya, tujuh orang komisiner semuanya memiliki kewenangan yang sama.

"Alhamdulillah, tadi forum di rapat pleno menunjuk saya sebagai ketua. Bagi saya semuanya itu pimpinan di komisioner," katanya.

Ia menjelaskan, seluruh komisioner KPU Banten saat ini sudah memetakan program kerja, termasuk akan mengagendakan kegiatan meningkatkan komunikasi dan koordinasi dengan seluruh intansi terkait.

"Kita tadi sudah membentuk Korwil dan Kordiv. Dan  kita berencana melakukan roadshow ke KPU kabupaten dan kota serta pemerintah daerah. Di depan mata kita sudah banyak agenda, seperti proses seleksi anggota DPD RI. Jadi kita bukan lagi berjalan, tetapi berlari. Ini kan sudah memasuki tahun politik, proses tahapan sedang berjalan," ungkapnya.

Ditambahkan Wahyul, roadhow komisioner KPU Banten akan dipertegas setelah pihaknya melakukan koordinasi dengan sekretariat.

"Mulai Senin (pekan depan), kita coba singkronkan program kita dengan jadwal di Sekretariat KPU. Jangan sampai nanti bentrok. Pada prinsipnya, penguatan kapasitas keangotaan, sedang dilakukan orientasi," tambahnya.

Diketahui, KPU RI telah mengeluarkan SK Nomor" 371/PP.06-Kpt/05/KPU/V/2018 tentang Penetapan Komisioner KPU Provinsi. Berikut susunan komisioner KPU Banten yang menduduki peringkat tujuh besar berdasarkan ranking. Rohimah, Nurkhayat Santosa, Agus Sutisna, Masudi, Wahyul Furqon, Eka Satialaksmana dan Ramelan.