Menteri Yohana: Sekolah Harus Jadi Ruang Ramah Anak

RMOLBanten. Menteri Pemrberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI (PPPA), Yohana Susana Yambise mendeklarasikan Komitmen Bersama Sekolah Ramah Anak di Kota Tangsel, Jumat (26/5).


Tugas kita semua untuk menjamin setiap anak tumbuh dan berkembang secara baik. Mereka harus dilindungi dari segala bentuk kekerasan. Melalui deklarasi sekolah ramah anak, mari kedepankan kembali lingkungan sekolah yang ramah bagi anak. Ciptakan interaksi positif. Didik anak tanpa kekerasan,” ujarnya," ucapnya.

Kata Yohana, lingkungan sekolah yang ramah anak rupanya telah lama diterapkan. Hanya saya masih ada kendala dalam menerapkan sekolah ramah anak tersebut.

Kami mendorong budaya dan lingkungan positif. Seperti disiplin, cinta dan hormat pada orangtua, jujur, dan tidak ada kekerasan yang dilakukan guru maupun sesama anak," ucapnya.

Kondisi yang terjadi saat ini, sambung Yohana, masyarakat sama-sama melihat dan merasa prihatin bahwa telah terjadi berbagai penyimpangan perilaku pada anak serta meningkatnya kasus kekerasan seperti tawuran, bullying, pengeroyokan dan kejahatan seksual kepada anak.

"Kita harapkan dari sekolah ramah anak ini bisa mendidik anak tanpa kekerasan dan perilaku menyimpang," pungkasnya.