Seluruh Bus AKAP Wajib Uji Kelaikan

RMOLBanten. Seluruh kendaraan AKAP akan diperiksa kelaikan beroperasinya sebelum musim mudik lebaran. Dishub Bantenberencana menggelar uji kelaikan angkutan itu di seluruh terminal tipe A yang ada di Banten.


Tak terkecuali pada 2018 ini dengan sasaran seluruh angkutan di terminal tipe A atau terminal yang melayani angkutan antar kota antar provinsi.

Kegiatan rampchechk ini supaya pelaksanaan mudik lebaran masyarakat merasa aman keselamatannya terjamin. jadi penting mengecek kelaikan kendaraan. Semua angkutan yang masuk terminal akan diperiksa,” katanya.

Ia menjelaskan, jadwal uji kelaikan akan dilakukan pada 4 hingga 7 Juni di empat terminal. Keempat terminal itu diurutkan berdasarkan jadwal uji terdiri atas Terminal Kaduagung (Lebak), Terminal Tarogong (Pandeglang), Terminal Terpadu Merak (Cilegon) dan Terminal Pakupatan (Kota Serang).

Sedangkan untuk terminal di Tangerang Raya tidak masuk agendanya. Sebab, fasilitas itu menjadi kewenangan BPTJ (Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek).

Pengecekan yang dilakukan yaitu, pertama unsur administrasi seperti STNK, SIM, buku uji kendaraan dan kartu pengawasan. Kedua, unsur teknis seperti cek rem, lampu, ban, pemecah kaca dan spion. Total kita turunkan sebanyak 30 personel,” katanya.