Buruan Daftar- Pemprov Banten Lelang Lima Jabatan Strategis

RMOLBanten. Lima jabatan eselon II dilingkungan Pemprov Banten kembali dilelang lelang.


Berdasarkan surat yang dikeluarkan Setda Provinsi Banten nomor 17-PANSEL.JPTP/2018, tahap lelang sudah mencapai pengumuman seleksi administrasi.

Ada lima jabatan yang di lelang, Kepala Biro Umum. Kemudian, jabatan Kepala Biro Administrasi Rumah Tangga Pimpinan (ARTP) sebanyak enam orang.  Selanjutnya jabatan yang juga dilelang lainnya Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) dengan jumlah peserta delapan orang.

Jabatan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) sebanyak sembilan orang. Terakhir adalah jabatan Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda)  Banten sebanyak lima orang peserta.

Khusus untuk Biro Umum dan ATRP, dua jabatan tersebut kembali dilelang karena pada lelang sebelumnya diharuskan untuk diulang. Hal tersebut terjadi karena hanya ada satu peserta dari jumlah minimal tiga untuk diajukan ke gubernur yang memenuhi standar penilaian.

Sekda Banten Ranta Soeharta membenarkan, saat ini pemprov sedang menggelar lelang untuk lima posisi lima pejabat setara eselon II. Lelang digelar karena posisi tersebut sudah dan akan mengalami kekosongan dikarenakan pejabat yang duduk di kursi tersebut memasuki masa pensiun.

Lelang jabatan masih jalan. Sudah rapat kemarin, sudah diumumkan hasil seleksi administrasinya,” ujarnya.

Ranta menjelaskan, seperti lelang sebelumnya, pada kesempatan kali ini juga digelar secara terbuka. Dengan demikian, ASN dari seluruh Indonesia yang sudah memenuhi syarat untuk menjadi peserta lelang dipersilakan untuk mendaftar.

Pendaftar ada dari Jakarta, bahkan ada dari Jawa Barat saya lihat. Jabatan kepala Dinas Koperasi dan UKM yang paling banyak daftar,” katanya.

Untuk waktu pelaksanaan seleksi sendiri, kata dia, ditarget akan selesai pada 25 Juni. Di tanggal itu, Tim seleksi sudah mengerucutkan menjadi tiga nama yang selanjutnya akan diserahkan ke gubernur. Dari tiga nama, gubernur akan menentukan siapa yang akan dilantik menjadi pejabat setara eselon II.
Selesai seleksi 25 Juni. Dipercepat,” ungkapnya.

Untuk tahap selanjutnya berdasarkan surat yang dikeluarkan Setda Banten. Para peserta selanjutnya akan mengikuti tes kesehatan dan kejiwaan pada 4 Juni untuk jabatan Kepala Biro Umum, Kepala Biro ARTP dan Kepala Bappeda.

Sedangkan untuk peserta lelang jabatan Kepala Dinas Koperasi dan UKM serta Kepala Dishub digelar pada 7 Juni. Tahap seleksi tersebut akan berlangsung di RSUD Banten.

Terpisah, Kepala Bappeda Banten Hudaya Latuconsina membenarkan, dirinya akan memasuki masa pensiun dalam waktu dekat ini. Dia berharap, siapa pun yang menggantikan posisi bisa bekerja secara optimal.

Terhitung 1 Juli 2018 ini saya sudah memasuki masa pensiun,” kata Hudaya. [dzk