Sampai Sore- Belum Ada Pejabat Konfirmasi Salat Ied Di Isiqlal

RMOLBanten. Sampai sore tadi belum ada pejabat negara yang mengkonfirmasi bakal melaksanakan ibadah Salat Idul Fitri 1439 Hijriah di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, esok.


Kata dia, yang sudah mengkonfirmasi kehadiran dalam salat Id esok hari adalah sebagian Duta Besar dari negara-negara sahabat.

"Yang jelas semua pejabat, menteri, kepala pemerintahan itu diundang. Tapi yang konfirmasi sampai saat ini belum ada (yang memastikan) kecuali Duta Besar," ungkapnya saat ditemui di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Kamis (14/6).

Dari 32 Duta Besar negara-negara Islam, lanjutnya, sudah ada 19 orang yang mengkonfirmasi kehadiran mereka.

"Dan mereka membawa keluarganya. Jadi bukan cuma Dubes. Ada juga yang membawa wakilnya dan lain sebagainya," jelasnya.

Santer beredar kabar Wakil Presiden, Jusuf Kalla, dan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, bakal menunaikan Salat Id di masjid terbesar se-Asia Tenggara itu.

"Belum (ada konfirmasi dari keduanya). Kami hanya baca di media bahwa Pak JK akan salat di Masjid Istiqlal. Tapi secara resmi kami belum mendapatkan. Yang jelas persiapannya itu sama dengan Presiden ke sini, sama saja," kata Abu.

Dipastikannya, kalangan pejabat negara yang berencana hadir di Istiqlal selalu mengkonfirmasi rencana kehadirannya secara resmi.

"Imam Besar akan ditelepon (oleh pihak pejabat bersangkutan) dan Imam Besar akan memberitahu ke kami," pungkasnya.

Saat berita ini diangkat, Sidang Isbat yang berlangsung di Kementerian Agama menetapkan bahwa 1 Syawal 1439 H jatuh pada esok hari (Jumat, 15/6). [dzk]