Riga

AKIBAT secara kebetulan sempat berkunjung ke Estonia maka saya memutuskan untuk mampir ke negara tetangganya yang sama-sama bekas wilayah Uni Sowyet, yaitu Latvia.


Ternyata mahakomposer Richard Wagner memang pernah bermukim di Riga selama dua tahun dari tahun 1837 sampai dengan 1839 di mana sang komponis favorit Adolf Hitler menggubah Rienzi” sebagai satu di antara sekian banyak opera akbar mahakarya Richard Wagner yang tercatat dalam lembaran sejarah seni musik abadi Eropa.

Pada tahun 2001, sebuah pahatan silhuet profil Ricahrd Wagner  karya Gleb Pantelejev dipajang di gerbang balairung Gedung Opera Latvia di Riga.

Kebudayaan

Ternyata Riga memang merupakan sebuah kota kebudayaan sehingga UNESCO menetapkan kawasan Kota Tua Riga sebagai situs Warisan Kebudayaan Dunia dengan perbendaharaan seni arsitektur Jugendstil alias Art Nouveau Jerman dan seni arsitektur bangunan kayu abad XIX paling terkemuka di planet bumi masa kini.

Pada tahun 2014 Riga dinobatkan sebagai Ibukota Kebudayaan Eropa dan menjadi Tuan Rumah  2006 NATO Summit, Eurovision Song Contest 2003, 2006 IIHF Men's World Ice Hockey Championships,  2013 World Women's Curling Championship di samping menjadi Markas Besar European Union's European Regulators for Electronic Communications (BEREC).

Riga juga memiliki beberapa gedung kesenian terkemuka kelas dunia seperti Mikhail Chekhov Riga Russian Theatre,  Daile Theatre, Latvian State Puppet Theatre, ]The New Riga Theatre.

Penari balet dan bintang film, Mikhail Nikolayevich Baryshnikov, biolinis Gideon Kramer, sineas Sergei Mikhailovich Eisenstein, filosof Johann Gottfried Herder dan Nicolai Hartmann,  grand master Juara Dunia Catur, Mikhail Tal adalah para putera terbaik Riga yang mendunia bersama sang petenis seksi kelahiran Riga, Jeļena Ostapenko. [dzk]

Penulis adalah Pembelajar Warisan Kebudayaan Dunia