Dahlan Iskan Kirim 365 Mahasiswa Penerima Beasiswa ke Tiongkok

Dahkan Iskan melepas 365 remaja dan pemuda milenial asal Jakarta dan sejumlah provinsi di tanah air ke Tiongkok untuk mengikuti program beasiswa pendidikan program S1 dan S2, serta D3.


Namun sebelum itu, para generasi milenial yang sudah dibekali bahasa mandarin diwajibkan mengikuti acara pelepasan Indonesia Tionghoa Culture Center di Gedung Deteksi Basket League (DBL), Kompleks Graha Pena Jawa Pos, Jalan A Yani 88 Surabaya.

Dari 365 mahasiswa yang dikirim ke China, nantinya mereka tersebar di 21 kampus China, di antaranya Zhejiang University of Technology di Hangzhiu, Shanxi Medical University di hubei, dan Yangztze University di Wuhan.

ITCC yang didirikan mantan Menteri BUMN era Presiden SBY awal 2000-an ini, menurut Lily, telah memasuki tahun ke-8 dan mengirim siswa program bea siswa ke Tiongkok di antara 175 orang studi Fakultas Kedokteran di 10 universitas China.

"Yang pernah kami berangkatkan dan lulus program S1, salah satunya anak Bu Khofifah Indar Parawansa (Mantan Mensos kini Gubernur Jatim terpilih) yang sudah menyelesaikan studi di Beijing,” jelas Lily menjawab progress ITCC.

Mereka yang berangkat selain dari Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Tmur, Kaltim, Kalteng, Kalbar, Kalimantan Utara, Selawesi Selatan, Sulteng, Gorontalo, Lampung, Sumbar, Papua, Papua Barat, dan NTT.

"Dari Jawa Timur jumlahnya terbanyak mencapai 175 pemuda,” jelas Lily, pimpinan Lembaga ITCC berpusat di Graha Pena Lt 14, Jalan A Yani 88, Surabaya. [jen]