Lanal Palu Hancur Diterjang Tsunami

Gempa bumi disertai tsunami merusak sejumlah infrastruktur yang ada di wilayah tersebut, termasuk Pangkalan TNI AL di Palu.


"Personel Lanal Palu beserta keluarga selamat dan saat ini mengungsi di lapangan Eka STQ Palu. Kondisi bangunan Mako Lanal Palu serta gedung Sionban Kapal Selam masih berdiri dan tidak mengalami kerusakan yang signifikan," demikian keterangan yang disampaikan dari Dispenal yang diterima redaksi, Selasa (2/10).

Masih dalam keterangan,  Kapal Angkatan Laut (Kal) Andau terseret arus tsunami dan saat ini kandas berada di jalan raya di depan Mako Lanal Palu. Selain itu, Kal Pulau Pasoso juga kandas di dermaga dengan kondisi rusak, serta Kal Pulau Katio dimana sempat terseret arus, tetapi saat ini sudah berhasil ditarik ke pantai Watusampu.

"Bencana tersebut juga mengakibatkan robohnya pagar dermaga dan pagar depan Mako Lanal. Sedangkan Shelter Kapal Selam akibat gempa dan tsunami juga mengalami kerusakan di mana terjadi abrasi sepanjang 15 meter," tutup keterangan Dispenal.  [RMOL]