XL Ajari Nelayan Maksimalkan Penggunaan Aplikasi Laut

Beberapa waktu lalu PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) memperkenalkan aplikasi laut nusantara pada nelayan.


"Sebab, teknologi tersebut dapat membantu mereka meningkatkan hasil tangkapan ikan di laut, sekaligus memastikan keamanan dalam bekerja," kata Group Head XL Axiata East Region, Mochamad Imam Mualim saat dihubungi Kantor Berita , Senin (22/4).

Salah satu fitur yang mereka butuhkan adalah petunjuk lokasi tempat ikan berada, yang selama ini tidak bisa mereka perkirakan.

Teknologi digital yang didukung data satelit dari Badan Riset dan Observasi Laut (BROL) mampu memberikan data-data ini.
 
Selain itu, ada beberapa tambahan fitur di fase kedua ini, yaitu navigasi yang lebih kompleks dimana fitur ini memungkinkan pengguna untuk memilih jalur penangkapan ke beberapa titik dan langsung mendapatkan informasi mengenai jarak, waktu tempuh dan kebutuhan bahan bakar sesuai rencana.

Kemudian fitur feedback untuk menginformasikan kondisi dititik tangkapan sesuai rencana awal apakah sesuai atau tidak. 

Ada juga fitur informasi kondisi laut ter-update, ditunjukkan dengan pesan yang muncul berisi data titik koordinat, arah angin, kecepatan angin dan tinggi gelombang. 

"Dengan tambahan fitur ini, diharapkan para nelayan atau pengguna aplikasi dapat terbantu dari sisi tangkapan dan keselamatan secara lebih maksimal," jelasnya.

Pelatihan diikuti oleh tidak kurang dari 75 orang nelayan dari wilayah Denpasar.

Dalam kesempatan sekaligus memperingati Hari Bumi yang jatuh pada 22 April, pihak XL bekerjasama dengan Badan Riset dan Observasi Laut (BROL) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan diikuti  perwakilan beberapa Dinas Kementrian, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Denpasar, civitas akademis dan komunitas pecinta lingkungan serta nelayan sekitar 150 orang juga digelar bersih-bersih pantai Mertasari, Sanur, Bali.[isa/aji]