Bank Jatim Siap Tingkatkan Layanan Keuangan Syariah Jatim

PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (Bank Jatim) melalui Unit Usaha Syariah (UUS) siap meningkatkan layanan keuangan perbankan syariah di Jawa Timur (Jatim).


Dengan demikian, lanjutnya, bankjatim memiliki tugas untuk memperkuat bisnis dan mendukung kesehatan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah di Jawa Timur.

Bank Jatim juga memiliki fasilitas-fasilitas yang mumpuni sebagai Lembaga APEX Bank Pembiayaan Rakyat Syariah, mulai dari fasilitas e-channel yang lengkap (ATM, sms banking, internet banking, mobile banking, dan jatimcode) hingga Jatim Elektronik Transfer Sistem (JETS).” terangnya.

Komitmen tersebut dituangkan dalam bentuk Memorandum Of Understanding (MoU) antara Bank Jatim dengan Asosiasi Bank Syariah Indonesia Kompartemen Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (ASBISINDO).

Ruang lingkup kesepahaman ini adalah penyediaan kebutuhan jasa layanan keuangan yang meliputi penyediaan dana, penyimpanan dana, layanan sistem pembayaran dan jasa lainnya.

Penandatanganan MoU tersebut dilakukan secara langsung oleh Direktur Keuangan Bank Jatim Ferdian Timur Satyagraha dan Ketua Kompartemen Bank Pembiayaan Rakyat Syariah DPW ASBISINDO Jawa Timur Slamet Riyanto serta disaksikan langsung oleh Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 4 Jawa Timur Heru Cahyono.  

Dalam Kesepahaman tersebut UUS bankjatim bertindak sebagai Lembaga APEX Bank Pembiayaan Rakyat Syariah.

Dengan adanya MoU ini, Bank Jatim berharap ke depan dapat meningkatkan kinerja UUS bankjatim yang sampai dengan Mei 2019 posisi aset sebesar Rp. 2,2 triliun, dana pihak ketiga sebesar Rp. 1,6 triliun, dan pembiayaan yang diberikan sebesar Rp. 1,25 triliun. Pembiayaan yang diberikan didominasi oleh pembiayaan kepada UKM sebesar Rp. 932,6 miliar.[isa/aji