Kontribusi Unesa Dalam Membentuk Karakter Anak

Penguatan pendidikan karakter itu perlu melibatkan banyak pihak. Baik itu kampus, instansi pemerintah seperti Dinas Pendidikan, dan masyarakat sekitar. Sebab, komitmen mewujudkan generasi yang berakhlak merupakan tanggung jawab semua dan harus diupayakan oleh semua. Demikian dikatakan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Dr. Agus Hariyanto, M.Kes dalam kegiatan bertajuk "Enjoyfull Kids Camp” dikutip Kantor Berita , Rabu (24/7).Menurut Agus, kegiatan "Enjoyfull Kids Camp” merupakan komitmen perguruan tinggi dalam menanamkan, mendidik, dan menguatkan karakter anak sejak usia dini. Sehingga slogan Unesa Growing With Character tidak hanya diwujudkan lewat program pendidikan di dalam kampus, namun juga menjangkau lingkungan di luar kampus.


"Mulai dari keluarga, masyarakat, sekolah, kampus, dan program- program semacam ini perlu dirutinkan,” tegasnya.
 
Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar, Drs. Budi Kusumarjoko, M.Pd mengatakan, pendidikan karakter itu bersifat mutlak bagi bangsa yang berbudi luhur, bangsa yang ramah dan toleran. Bangsa yang selalu guyub dan bergotong royong, penuh tenggang rasa, dan tepo seliro dalam hubungan kekerabatan harus dihidupkan lewat program pembinaan dan penguatan karakter yang berlandaskan nilai Pancasila dan agama.
 
Acara "Enjoyfull Kids Camp” berlangsung mulai 22 Juli hingga 27 Juli 2019. Sekitar 800 siswa Sekolah Dasar Se-Kabupaten Blitar memadati lapangan Batalyon Infanteri 511 Blitar untuk mengikuti program kegiatan penguatan pendidikan karakter tahun 2019 yang diselenggarakan atas kerja sama antara Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar, Batalyon Infanteri 511 Blitar dan Unesa.
 
Acara juga diisi materi tentang motivasi serta pengenalan potensi diri bagi anak yang disampaikan Psikolog Niqya Rasyida Amalia, S.Psi.,M.Psi yang merupakan alumni Jurusan Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa dan materi kepemimpinan dari Batalyon 511 Blitar.

Acara yang berlangsung selama satu minggu dan dibagi dalam 2 gelombang tersebut difasilitatori oleh puluhan mahasiswa Unesa yang tergabung dalam Forum Mahasiswa Blitar di Unesa atau FORMABISA.[isa/aji]