Lewat PKM- Unesa Beri Bantuan Mesin Pengolahan Bakpia ke UKM

. Usaha Kecil Menengah (UKM) bakpia di Kabupaten Pasuruan mendapat apresiasi dari Universitas Negeri Surabaya (Unesa).


Tahun ini, salah satu UKM yang mendapat pandampingan dan bantuan yakni UKM "Manna Pia" milik Ruth Krisnaningrum di Dusun Jatisari, Purwodadi, Kabupaten Pasuruan.

Melalui Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Ristekdikti, Unesa memberikan bantuan alat berupa mesin pengukus kumbu kacang hijau.

"Lewat bantuan mesin pengukus kumbu kacang hijau ini, diharapkan pasca kegiatan PKM, UKM Manna Pia dapat menjadi UKM yang mandiri dan dapat berdaya saing," kata Ketua Penelitian Unesa, Eko Wahjudi, Selasa (8/10).

Peralatan atau teknologi yang lebih canggih dan memadai, lanjut Eko, juga diharapkan bisa membantu menjadikan produk unggulan yang terproduksi dan terstandard.

"Kami dari Unesa memberikan pendampingan dan bantuan alat sesuai dengan standar foodgrade," tandas Eko yang juga salah seorang dosen di Fakultas Ekonomi Unesa.

Selain bantuan mesin pengukus kumbu kacang hijau, Unesa juga memberikan bantuan kemasan plastik yang semula polos menjadi bermerek "Manna Pia".

"Kemasan ini selain memberikan jaminan keamanan konsumsi, diharapkan pula dapat bedaya saing dalam market modern," jelas Eko. [mkd]