Taman Soekarno, Destinasi Wisata Kota Ngawi Berbandrol Miliaran Rupiah

Rupanya Bupati Ngawi Budi Sulistyono terus memutar strategi untuk menciptakan satu wahana wisata dalam kota. Melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Ngawi tahun 2020 ini bakal merealisasikan Taman Ir Soekarno yang berlokasi di Jalan Soekarno-Hatta atau ring road barat tepatnya selatan Terminal Kertonegoro.


Joko Sutrisno Kabid Tata Lingkungan dan Pertamanan DLH Ngawi tidak menampik jika dalam mengaktualisasikan kemauan Bupati Ngawi tersebut bakal menguras biaya. Ia menyebut, budget anggaran untuk Taman Ir Soekarno disediakan Rp 4,8 miliar bersumber APBD 2020.

"Dana yang kita siapkan itu nantinya dimanfaatkan untuk pembangunan patung dan taman sekitarnya. Maketnya taman nanti apabila terlihat berupa lingkaran ditengahnya ada patung Ir Soekarno," kata Joko Sutrisno, Selasa, (21/01).

Lahan yang dibutuhkan terang Joko, tidak kurang 4 hektar akan tetapi sekarang ini masih dalam proses pembebasan dari tangan pemilik baik warga masyarakat maupun lahan milik Dinas Perhubungan. Hanya saja Pemkab Ngawi belum memperoleh surat sakti atau perijinan dari pihak keluarga Sang Proklamator tersebut.

"Mungkin surat ijin bakal dikeluarkan oleh keluarga beliau (Ir Soekarno-red) pada akhir Januari nanti," tambahnya.