Tujuh Warga Sentul Terkena DBD, Ini Langkah Dinkes Probolinggo

Sedikitnya tujuh warga Desa Sentul, Kecamatan Gading, Kabupaten Probolinggo, positif demam berdarah dengue (DBD).


Pemerintah desa setempat melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo melakukan pengasapan (fogging) sebagai salah satu cara mengantisipasi penyebaran DBD.

"Sekarang potensi penyebaran DBD mulai marak. Apalagi di Desa Sentul sudah ada 7 warga yang terkenak DBD. Makanya untuk pencegahan, kita lakukan fogging," kata Kepala Desa Sentul Kecamatan Gading, Timbul Sujatmoko kepada Kantor Berita RMOLJatim, Jum'at (24/01) siang.

Fogging dilaksanakan di dusun Krajan RT 01 dan RT 02 desa setempat. Timbul mengatakan, kegiatan fogging merupakan kepedulian pemerintahan desa untuk menjaga lingkungan dan kesehatan masyarakat agar terhindar dari penyakit yang disebabkan gigitan nyamuk Aides Aegepty itu.

Namun, lanjut dia, yang tak kalah pentingnya masyarakat sendiri harus membiasakan menjaga kebersihan lingkungan serta membiasakan melakukan kegiatan 3M yaitu menguras, menutup, dan mengubur.

"Kami hanya memberikan stimulan untuk menjaga lingkungan agar tetap bersih dan sehat. Masyarakat harus bisa menjaga pola hidup bersih dan sehat," pungkasnya.