Plt Bupati Sidoarjo Kerahkan Pompa Sedot Banjir Tanggulangin

Belum surutnya air banjir yang menggenangi dua desa, yakni Desa Kedungbanten dan Desa Banjarasri, Kecamatan Tanggulangin dalam beberapa hari ini, membuat Plt Bupati Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifuddin mengupayakan langkah alternatif. Yakni memerintahkan Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air (PUBM dan SDA) untuk melakukan penyedotan air banjir itu.


Upaya ini dilakukan agar aktifitas sekolah di SMPN 2 Tanggulangin di Desa Kedungbanteng segera bisa berjalan normal, termasuk aktifitas warga di dua desa hingga saat ini yang masih terganggu itu.

Meski tidak ada warga yang mengungsi, tetapi warga berharap Pemkab Sidoarjo bergerak cepat menangani permasalahan banjir yang rutin setiap tahun terjadi di dua desa itu.

Cak Nur panggilan akbranya seusai mengumpulkan Dinas PUBM dan SDA, Dinas Pendidikan, BPBD, Camat Tanggulangin serta pemerintah desa setempat menegaskan, pembagian tugas untuk masing-masing instansi sudah dilakukan.

"Pemerintah desa bersama warga kerja bhakti memasang sandbag. Sedangkan Dinas PUBM dan SDA melakukan upaya nyata untuk menyedot air diarahkan ke kali Kedungbanteng dan Kedungpeluk. Selasa depan sudah bisa dimulai," kata Plt Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin saat mengunjungi SMPN 2 Tanggulangin, Minggu (26/1) kepada Kantor Berita RMOLJatim.

Cak Nur berharap dengan kerja bareng air segera surut. Setelah itu harus ada kajian bersama terkait penyebab banjir yang menggenangi SMPN 2 Tanggulangin di Desa Kedungbanteng dan Desa Banjarasri ini.

"Penyebab banjir sementara disebabkan karena pendangkalan kali dan air pasang. Kegiatan belajar mengajar masih berjalan normal, karena banyak ruangan yang tidak tergenangi air. Siswa yang kelasnya terendam banjir untuk sementara siswa belajar di dalam masjid sekolah," imbuhnya.

Kepala BPBD Pemkab Sidoarjo, Dwijo Prawito menegaskan berdasarkan data yang disampaikan pihak Pemdes ada sejumlah RT di dua desa yang rumahnya terendam air. Yakni desa Banjarasri sebanyak lima RT dan Desa Kedungbanteng ada tiga RT.

"Karenanya BPBD Sidoarjo membantu 250 paket yang dibagikan ke warga sekitar. Bantuan berupa sembako seperti beras dan minyak. Sedangkan Dinas Kesehatan membuka posko layanan kesehatan untuk melayani warga yang mengeluhkan gatal-gatal di kulit," tandasnya.