Pemkot Surabaya Gerak Cepat Kirim Bantuan ke Kabupaten Bandung

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya langsung bergerak cepat untuk mengirim bantuan ke musibah banjir yang melanda wilayah Bandung.


Bantuan tersebut diberangkatkan kemarin, Selasa (28/1) dengan menggunakan kendaraan truk.

Dan tepat pada Rabu (29/1) pukul 07.00 wib, bantuan sudah diterima oleh petugas BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Bandung. 

Kabar diterimanya bantuan tersebut melalui pesan singkat bahwa bantuan dari Pemkot Surabaya sudah tiba di lokasi posko bencana.

“Kiriman bantuan dari Ibu Wali Kota ini terdiri dari sarung, mie instan, roti, susu bayi, pembalut wanita, pakaian anak-anak, pakaian orang dewasa laki-laki dan perempuan, diapers, dan makanan abon,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BPB) dan Linmas Kota Surabaya, Eddy Christijanto dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Rabu (29/1).

Eddy menjelaskan, sebelum mengirim bantuan, pihaknya terlebih dahulu melakukan koordinasi dengan BPBD Kabupaten Bandung dan menanyakan apa saja kebutuhan yang dibutuhkan. Bahkan, Pemkot Surabaya juga siap memberikan bantuan lagi jika masih ada yang diperlukan.

“Yang dibutuhkan yaitu makanan cepat saji, makanan sehari-hari dan kebutuhan untuk perlengkapan bayi dan anak-anak. Jadi itu yang kami kirimkan,” kata dia.

Selain itu, Eddy memastikan bantuan ini sengaja diturunkan untuk daerah yang paling parah terdampak bencana. Ia menyebut sekitar enam kecamatan yang tenggelam. 

“Untuk pengungsinya sekitar dua ribu KK (Kartu keluarga) memang bencananya cukup besar,” pungkasnya.