Resmi, WHO Umumkan Darurat Global Terkait Virus Corona

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) akhirnya mengumumkan darurat kesehatan global, Jumat (31/1). Seiring dengan semakin banyak dan luasnya korban yang terinfeksi virus Novel Corona (2019-nCoV).


Berdasarkan data dari Center for System Science and Engineering (CSSE), Kamis (30/1), jumlah korban terinfeksi sudah meningkat menjadi 8.236 kasus dengan 171 orang meninggal dunia dan pulih sebanyak 143.

Sebarannya pun semakin luas, yaitu mencapai 22 negara/wilayah, meliputi daratan China, Thailand, Jepang, Hong Kong, Singapura, Australia, Taiwan, Malaysia, Makau, Amerika Serikat, Prancis, Jerman, Korea Selatan, Uni Emirat Arab, Kanda, Vietnam, Kamboja, Finlandia, India, Nepal, Filipina, dan Sri Lanka.

Selain itu, Reuters juga melaporkan baru-baru ini Italia mendapatkan kasus corona pertama dari dua wisatawan asal China. Alhasil, Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte langsung memerintahkan menutup semua lalu lintas udara dengan China.

"WHO tidak merekomendasikan dan benar-benar menentang untuk melakukan perjalanan atau perdagangan dengan China," ujar Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus.

Sementara itu, beberapa negara juga sudah melakukan evakuasi terhadap warga negaranya yang berada di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China dimana virus tersebut pertama kali ditemukan.