Korea Utara Bebas Korona

Meski bertetangga dengan China, Korea Utara dipastikan bebas dari virus corona yang saat ini tengah mewabah di negeri tirai bambu. Akan tetapi bukan berati Korea Utara tidak melakukan tindakan pencegahan apapun untuk mencegah masuknya virus corona.


Selain melakukan pengecekan kesehatan di bandara, langkah pencegahan lain yang dilakukan oleh Korea Utara adalah menangguhkan sebagian besar penerbangan dengan China dan Rusia, menghentikan program pariwisata internasional serta memberlakukan karantina wajib bagi setiap warga negara asing yang tiba di negara tersebut.

"Hanya karena tidak ada kasus coronavirus baru di negara kita, kita tidak boleh terlalu lega, tetapi memiliki kesadaran sipil dan bekerja sama untuk pencegahan," kata pejabat Kementerian Kesehatan Korea Utara Song In Bom dalam pernyataannya yang disiarkan penyiar KRT Korea Utara, seperti dikutip ulang Channel News Asia (Minggu, 2/2).

Virus corona yang menyerang pernapasan sendiri diketahui telah mewabah di China dan berpusat di kota Wuhan. Sejauh ini ada lebih dari 300 orang yang meninggal dunia akibat virus tersebut serta ribuan orang lainnya yang terinfeksi di China san belasan negara lainnya di dunia.