Unusa Yudisium 275 Mahasiswa PPG SD

Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA) melakukan yudisium pada 275 peserta Program Profesi Guru (PPG) Sekolah Dasar (SD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNUSA.


Peserta PPG berasal dari berbagai daerah di Indonesia, salah satunya puluhan peserta dari Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Tahun ini Unusa telah melakukan yudisium peserta PPG Sekolah Dasar sebanyak 275 orang. Saat ini mereka sudah menjadi bagian dari UNUSA.  Selepasnya mereka mendapatkan gelar guru profesional, salah satu tugas mereka menjadikan kualitas pendidikan lebih berkualitas lagi. Karena pemerataan guru di daerah-daerah masih minim," kata Rektor Unusa, Prof. Dr. Ir. Achmad Jazidie, M.Eng, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Minggu (2/2).

Dikatakan lebih lanjut, pemerataan guru melalui lulusan peserta PPG sangat bagus, karena berimplikasi pada meratanya kualitas pendidikan di setiap daerah. Sebagai pelaksana pendidikan, guru memegang peranan penting untuk mencerdaskan dan mengantarkan anak bangsa menyongsong masa depan yang cerah.

Jazidie menambahkan, dalam melaksanakan peran tersebut profesionalisme menjadi syarat utama yang dibutuhkan. Seorang guru dapat dikatakan profesional jika dia memenuhi kualifikasi serta kompetensi sesuai standar. Karena kompetensi guru merupakan modal utama untuk menciptakan pembelajaran yang berkualitas.

Guru yang berkompeten mampu menyampaikan pembelajaran yang bermutu dan selalu berupaya menciptakan suasana belajar yang kondusif dengan memanfaatkan segala sesuatu yang dapat digunakan sebagai sumber belajar serta meminimalisir keterbatasan dan hambatan.

"Mengingat pentingnya guru dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan, maka guru perlu dipersiapkan sedemikian rupa untuk menjadi guru yang profesional, yang salah satu cara yang dapat ditempuh adalah melalui Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan," tambahnya.

Salah satu peserta Yudisium PPG Dalam Jabatan Guru Sekolah Dasar (SD) FKIP UNUSA, Stefanus Jedaut, S.Pd., Gr. mengungkapkan, dalam rangka mendukung pembangunan bangsa melalui pendidikan, guru mengambil peran yang sangat vital.

Guru berperan penting dalam hal penjaminan dan peningkatan mutu pendidikan melalui kegiatan belajar mengajar dan pegembangan keilmuan. Untuk mewujudkan itu semua, salah satu langkah awal dengan adanya PPG. Banyak ilmu yang di dapatkan dalam Proses PPG ini.

"Unusa sebagai penyelenggara PPG Dalam Jabatan Guru Sekolah Dasar sangat memberikan wawasan baru, bagaimana cara mengajar, mendidik, hingga memanfaatkan Information and Communication Technology (ICT). Di PPG Unusa diajarkan bagaimana ICT memegang peranan yang sangat penting dalam pelaksanaan pembelajaran, terlebih saat ini zamannya serba digital teknologi," ungkap guru SDN Rampasasa, NTT ini.