Malam Hari, TNI Polri di Probolinggo Bersihkan Sampah Banjir

Hujan deras dengan intensitas tinggi membuat puluhan hektar sawah terendam banjir di Desa Muneng Kidul, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo. Para Petani tak ingin merugi, sehingga membuat TNI -Polri gotong royong membersihkan saluran air yang tersumbat, untuk mengurangi debit air.


"Meluapnya air sungai ini karena banyaknya sampah dan endapan lumpur, jadinya ketinggian sungai semakin dangkal dan air hujan tidak bisa mengalir dengan lancar," Kabag Ops Polres Probolinggo Kota Kompol Hermawan Tjahyono, pada Kantor Berita RMOLJatim, Jum'at (7/02) malam.

Menurutnya, dia sengaja melakukan aksi gotong royong membersihkan saluran air yang tersumbat di bawah jalan tol Muneng Kecamatan Sumberasih itu. Bahkan pihaknya, juga melibatkan Shabara dan Personil Polsek serta Koramil Sumberasih juga Camat.

"Kami dapat laporan dari masyarakat dan segera merespon untuk membersihkan sungai tersebut sebelum meluber ke area persawahan lebih luas. Pesan kami, segera informasikan bencana ke petugas dan jagalah kebersihan agar sungai tetap bersih dan bisa mengalir dengan lancar," tandasnya.

Dalam bersih-bersih malam hari itu, Berbekal cangkul dan alat lainnya serta dengan dibantu masyarakat. Mereka bahu membahu membuat jalan untuk aliran air hujan serta menyingkirkan sampah. Beruntung, tidak butuh waktu lama, air hujan dapat mengalir dengan lancar kembali.