Balap Liar Bekas Tol Jabon Kembali Marak

Balapan liar makin marak di bekas jalan tol Desa Dukuhsari, Kecamatan Jabon, Sidoarjo, tepatnya di depan kantor Polsek Jabon.


Dengan menggunakan sepeda motor protolan yang sudah dimodifikasi dan suara knalpot yang cukup membuat bising telinga, sekumpulan anak muda dengan bebas melakukan aksi balap liar, Sabtu (8/2).

Mereka melakukan start sebelah selatan POM mini, agak menjauh dari Kantor Polsek Jabon untuk menghindari dari kejaran petugas.

Peristiwa ini sangat mengganggu warga sekitar lokasi balapan liar maupun pengguna jalan. 

Sokib, warga sekitar berkomentar, "Ulah para pembalap liar ini sangat mengganggu karena kebisingan knalpot dan jalan yang ramai menghambat penyeberangan. Saya takut keserempet sepeda motor," ucapnya.

Menanggapi keluhan warga, Kapoksek Jabon AKP Sumono langsung merespon dengan menerjunkan beberapa anggotanya menggunakan mobil patroli untuk membubarkan pembalap liar tersebut.

"Anggota kami hampir tiap sore melakukan patroli depan Polsek. Mereka sering lari kocar kacir menghindari para petugas patroli. Namun setelah anggota kami kembali ke kantor, mereka datang lagi bergerombol dengan aktivitas yang sama," tegas AKP Sumono kepada Kantor Berita RMOLJatim, Minggu (9/2).

Kapolsek Jabon AKP Sumono menjelaskan bahwa para pembalap liar itu berasal dari Sidoarjo, Pasuruan dan sekitarnya. 

Petugas Polsek sudah melakukan antisipasi agar mereka jera, yakni dengan melakukan penangkapan selanjutnya ditilang serta menahan sepeda motor. Mereka rata-rata tidak memiliki SIM dan perlengkapan sepeda motor lainnya.

Namun mereka tidak jera. Sepertinya mereka tetap datang lagi di hari kemudian. “Kayak main petak umpet dengan anggota kami,” ungkap Kapolsek Jabon AKP Sumono.