Ketua RT di Perum Pabean Indah Probolinggo Dipilih Serentak


Pemilihan serentak tak hanya berlaku untuk memilih Bupati, Gubernur, atau Presiden. Di Desa Pabean Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo, seorang ketua RT/RW dipilih secara demokratis dengan sistem pemilihan Ketua RT serentak. Pemilihan Ketua RT serentak tersebut, dilakukan di RW VI Perumahan Pabean Indah, untuk masa Bhakti 2020-2023.

Ketua RW VI Sunarto mengatakan, pemilihan ketua RT ini dianggap sebagai salah satu kegiatan yang mengakrabkan warga di Perumahan Pabean Indah. Dimana, warga di RW VI tersebut terdapat 253 Kepala Keluarga dan 138 Calon Ketua RT.

"Selain memilih ketua RT, kegiatan ini juga sebagai salah satu wujud keakraban warga. Ini baru pertama kali dilakukan secara serentak dan sebelumnya ketua RT hanya pemilihan biasa dan tidak serentak," Kata Ketua RW VI Sunarto, Kepada Kantor Berita RMOLJatim, Sabtu (8/02) malam.

Sunarto menjelaskan, pemilihan yang dilakukan juga sebagai bentuk pembelajaran demokrasi yang sesungguhnya. Mulai dari tingkat bawah, masyarakat diajak untuk membangun wilayahnya dengan memilih pemimpin secara demokratis.

"Tentu ini gebrakan. Semoga lebih baik dan jadi pembelajaran demokrasi bagi masyarakat," tuturnya.

Ketua Panitia Pemilihan Suharsono mengatakan, pemilihan serentak Ketua RT tersebut sebagai pembelajaran dalam asa Langsung Umum Bebas dan Rahasia.

"Kami ingin demokrasi sesungguhnya ada di warga. Yang terpenting adalah kejujuran. Jadi warga harus benar-benar paham dengan demokrasi yang sesungguhnya," kata dia mengakhiri.

Seperti diketahui, Desa Pabean merupakan satu-satunya desa di Kabupaten Probolinggo yang melakukan pemilihan ketua RT serentak dengan cara memilih dirumahnya. Hal ini merupakan salah satu wujud pembelajaran demokrasi di masyarakat.