Konsolidasi Di Makassar, 372 DPW/DPD PAN Kompak Dukung Zulkifli Hasan

Tidak kurang dari 372 pengurus kabupaten dan kota pemilik suara dalam Kongres Partai Amanat Nasional (PAN) sudah solid mendukung Zulkifli Hasan untuk melanjutkan kepemimpinannya di partai berlambang sinar matahari itu.


Sikap ini mereka sampaikan dalam Konsolidasi DPW/DPD PAN seluruh Indonesia yang diselenggarakan di Hotel Claro, Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (8/2).

Seperti dilansir Kantor Berita Politik RMOL, pada acara itu sejumlah pemilik suara mendapatkan kesempatan untuk menyampaikan dukungan mereka secara terbuka kepada Zulkifli Hasan. Salah satu orasi yang menarik adalah yang disampaikan Ketua DPD PAN Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Ahmad Fauzan Daulay.

Di dalam orasinya itu, Ahmad Fauzan Daulay mengatakan, dirinya pernah diminta oleh Zulkifli Hasan untuk tidak perlu secara terang-terangan memberikan dukungan kepada Zulkifli Hasan.

Agaknya, Zulkifli Hasan tidak mau, dukungan yang diberikan pengurus PAN di Sumatera Utara akan mengganggu hubungan mereka dengan salah seorang calon ketua umum PAN, Mulfachri Harahap, yang sering disebut sebagai putra asli Sumatera Utara.

Namun, jelas Ahmad Fauzan Daulay, dirinya dan warga Sumut yang tahu mengapa mereka tidak mendukung Mulfachri Harahap.

"Ada lima kabupaten/kota yang merupakan kampung calon yang katanya putra daerah kami itu. Ada Palas (Padang Lawas, Paluta (Padang Lawas Utara), Madina, Tapsel (Tapanuli Selatan), dan Padang Sidimpuan. Dari sanalah berasal marga Harahap itu. Lima-limanya hadir disini. Tidak ada yang absen," ujar Ahmad Fauzan Daulay sambil meminta rekan-rekannya ketua DPD PAN di kelima daerah itu untuk berdiri.

Sementara ruangan dipenuhi teriakan "Zulhas Lanjutkan".

Ahmad Fauzan Daulay menambahkan, justru kehadirannya ke arena konsolidasi untuk Zulkifli Hasan itu adalah untuk memberikan contoh kepada kawan-kawannya yang lain.

"Kalau Sumatera Utara saja ada di sini, kenapa yang lain ada di seberang. Kalau Sumatera Utara saja berani ke sini terang-terangan, mengapa yang lain tak berani ke mari?" katanya berapi-api. Masih disambut dengan teriakan "Zulhas Lanjutkan".

"Tolong sampaikan salam kami dari Sumatera Utara bagi kawan-kawan yang belum ada di sini. Kami yang Sumatera Utara separuh ada di sini," tegasnya lagi.

Hal lain yang disampaikan Ahmad Fauzan Daulay, ada enam pengurus DPD PAN di Sumatera Utara yang kemungkinan akan mengalihkan dukungan mereka kepada Zulkifli Hasan.

Kongres PAN akan diselenggarakan tanggal 10 sampai 12 Februari di Kendari, Sulawesi Selatan.

Dalam kongres, sebanyak 590 suara diperebutkan. Sejauh ini sudah ada empat kandidat yang telah mendaftarkan diri untuk ikut dalam pemilihan ketua umum PAN. Keempatnya adalah Zulkifli Hasan, Mulfachri Harahap, Asman Abnur, dan Drajad H. Wibowo.

Dengan 372 suara yang sejauh ini dikantongi, dapat diperkirakan Zulkifli Hasan akan menang mudah.