Ketua PWI Ponorogo: Peran Pers di Pilkada 2020 Mencerdaskan Pemilih Pemula

Hari ini, Minggu (9/2), merupakan momen bersejarah bagi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Ponorogo. Pasalnya, selain memperingati HUT ke 74 PWI, juga sekaligus memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2020.


Hal ini disampaikan ketua PWI Ponorogo Hadi Sanyoto di sela-sela peringatan yang ditandai dengan pemotongan tumpeng di aula radio Duta Nusantara, Jalan Sidoluhur 02, Ponorogo.

“Ini momen penting bagi Insan pers, khususnya teman-teman PWI Kabupaten Ponorogo. Di HUT yang ke 74 tahun ini banyak hal yang akan menjadikan bahan bagi kita semuanya. Selain untuk mengintrospeksi diri, hal penting adalah bagi kita untuk tetap bisa terus memotivasi insan pers di tengah perkembangan era digitalisasi atau era revolusi industri 4.0," kata Hadi dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Dalam acara yang digelar bertepatan dengan Hari Pers Nasional dan HUT PWI yang rutin diperingati setiap tanggal 09 Februari, pria yang akrab disapa Ade ini menambahkan, bahwa di tengah pesta demokrasi pemilihan bupati dan wakil bupati Ponorogo tahun 2020, peran pers sangat dibutuhkan.

“Paling tidak untuk bisa membantu mensukseskan. Yang tidak kalah penting adalah untuk mencerdaskan calon-calon pemilih pemula akan arti pentingnya dari pemilihan bupati dan wakil bupati Ponorogo," tegasnya.

Ditambahkan Hadi, salah satu wujud yang tidak kalah penting adalah bagaimana Insan pers bisa meletakkan dirinya sebagai bagian dari media dan peran pers untuk memerangi adanya berita-berita hoax yang membuat masyarakat resah.

"Di momen HUT ke 74 PWI dan Hari Pers Nasional 2020 dan dengan semangat kita semuanya untuk terus bisa memajukan peran pers dalam kehidupan masyarakat. Pers bisa memberikan satu warna dalam kehidupan demokrasi di Ponorogo khususnya," tuturnya.

Lanjut Hadi, saat ini tantangan paling berat adalah bagaimana menempatkan pers agar bisa menjadi pencerah sehingga warga masyarakat mendapatkan informasi yang tepat dan aktual yang bisa dipercaya dan bisa dipertanggungjawabkan.

Sementara itu sekretaris PWI Ponorogo, Welas Arso usai acara menyampaikan pesan kepada semua anggota PWI Ponorogo, selain terus berkarya untuk menyampaikan informasi secara berimbang, edukatif dan berdasarkan fakta juga agar semua anggota PWI bisa menjaga marwah PWI dan menjaga nama baik organisasi.

"Saya berpesan kepada teman-teman untuk selalu menjaga nama baik organisasi. Berkaryalah yang sesuai fakta, bisa memberikan kritik tapi yang konstruktif," ucapnya.