Dari Obrolan Kecil AKBP Eddwi dan Jurnalis, Balai Kopi Jadi

Berawal dari obrolan kecil bersama sejumlah Jurnalis di Probolinggo Raya, Balai Komunitas Orang Pemburu Informasi yang disingkat (Kopi) dibangun oleh Kapolres Probolinggo, AKBP Eddwi Kurniyanto di halaman Mapolres. Bahkan, mendekati purna tugasnya di Polres Probolinggo, AKBP Eddwi meresmikan Balai Kopi sebagai kado di Hari Pers Nasional (HPN) ke 74 tahun 2020 untuk wartawan.


"Semoga Balai Kopi ini bermanfaat untuk temen-temen media semuanya yang ada di Kabupaten Probolinggo. Tolong dirawat dan kalau bisa ada yang piket juga lah,"jelas AKBP Eddwi yang sebentar lagi menjabat sebagai Kapolres Madiun ini, seperti dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Rabu (12/02).

Eddwi menceritakan, terbangunnya Balai Kopi berawal dari obrolan kecil yang terbukti. Sehingga, obrolan dengan para jurnalis tersebut langsung direspon olehnya.

"Hanya sebuah obrolan kecil saja dengan temen-temen media. Karena selama ini, jurnalis tidak mempunyai ruangan atau tempat khusus di Mapolres Probolinggo ini,"ungkapnya.

Sebelum dibangunkan tempat khusus, para jurnalis hanya bisa duduk dikantin dan masjid saja sebagai tempat istirahat setelah memburu berita. Kadang juga ada di Basecamp Islamic Center Kraksaan.

"Jurnalis ini sebagai mitra kita (Polres Probolinggo). Jurnalis adalah sahabat kita, keberadaan jurnalis selalu kita cari dan kepergian jurnalis selalu kita rindukan,"bebernya.

Sementara itu, Jurnalis RMOLJatim Saifullah mengatakan, kalau dibangunnya Balai Kopi di Mapolres Probolinggo, ialah sebagai bukti dan sejarah panjang. Sebab, dengan kepedulian AKBP Eddwi Kurniyanto, para jurnalis yang sering nongkrong di Mapolres tidak lagi terbengkalai.

"Meskipun Pak Eddwi, tidak bisa merasakan nantinya Balai Kopi dan tidak bisa bersama kita lagi di Probolinggo, tapi kenangannya menjadi sejarah baru yang sudah diukir. Apalagi, peresmian ini bertepatan dengan peringatan Hari Perse Nasional di tahun 2020,"kata Saiful.

Saiful yang juga pengurus PC GP Ansor Kota Kraksaan ini, mengucapkan terimakasih pada AKBP Eddwi atas perhatiannya dari obrolan kecil sang kuli tinta.

"Alhamdulillah, saya pribadi mengucapkan terimakasih pada Pak Eddwi. Dari sebuah obrolan kecil dengan jurnalis, akhirnya terbukti,"pungkasnya. 

Pelrio diketahui, dalam Peresmian Balai Kopi tersebut, juga disaksikan oleh Komandan Kodim 0820 Probolinggo, Dinas Kominfo Kabupaten Probolinggo serta para jurnalis di Probolinggo Raya dan juga para Kapolsek.