Jalan AHY Jadi Suksesor SBY Nyaris Tanpa Hambatan

Partai Demokrat diprediksi kuat akan melanggengkan dinasti politik di tubuh partai. Hal itu bisa dilihat dari gerakan putra sulung Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang mulai menggelar safari politik ke sejumlah daerah.


Apalagi, kata Direktur Eksekutif Lingkar Madani (Lima) Indonesia, Ray Rangkuti, jika menilik dari pernyataan Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Syarief Hasan. Di mana mantan Menteri Koperasi dan UMKM itu memastikan AHY akan jadi calon tunggal yang akan maju di Kongres Demokrat pada Mei 2020.

"Itu memang sudah dirancang sedemikian rupa oleh mereka. Khususnya oleh keluarga Pak SBY," kata Ray Rangkuti saat dihubungi Kantor Berita Politik RMOL, Senin(17/2).

Menurutnya, langkah AHY untuk menuruskan trah kepemimpinan SBY bakal mulus. Terlebih, Partai Demokrat tidak menetapkan kategori khusus bagi para keder yang ingin maju sebagai calon ketua umum.

"Ya hampir tidak ada hambatan bagi AHY untuk mengambil alih Partai Demokrat," terang Ray Rangkuti. "Tapi kalau pakai ukuran-ukuran ideal ya harusnya jangan AHY dong," pungkasnya.