Karantina Usai, Penumpang Kapal Diamond Princess Diizinkan Turun

Para penumpang dan awak kapal pesiar Diamond Princess yang dikarantina selama 14 hari, akhirnya bisa menapakkan kaki di daratan.


Dilaporkan The Guardian, dari pantauan televisi Jepang terlihat para penumpang sudah mulai meninggalkan kapal pada Rabu pagi (19/2) dan langsung menaiki bus yang sudah menunggu di Pelabuhan Yokohama, Prefektur Kanagawa.

Otoritas kesehatan setempat sebelumnya memang mengatakan proses penurunan penumpang dan awak akan mulai dilakukan hari ini. Sekitar 500 penumpang akan turun pada Rabu, dan sekitar 2.500 lainnya turun pada Kamis (20/2) dan Jumat (21/2).

Memang tidak semuanya diperbolehkan untuk turun. Hanya mereka yang mendapatkan hasil tes negatif dan tidak berbagi kabin dengan penumpang yang terinfeksi yang diizinkan turun.

Selain itu, para kru juga akan memulai karantina tahap baru ketika penumpang yang diizinkan telah turun.

Berdasarkan informasi yang disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi seperti dimuat Kantor Berita Politik RMOL, total orang yang berada di atas kapal adalah 3.711 orang. Terdiri dari 2.666 orang penumpang dan kru 1.045 orang dari 56 negara. Warga negara Indonesia (WNI) yang berada di atas kapal berjumlah 78 orang yang semuanya merupakan kru.

Untuk diketahui, pada Selasa (18/2), pemerintah Jepang juga melaporkan adanya tambahan 88 kasus baru. Sehingga ada 542 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 di atas kapal. Dari kasus tersebut, ada 3 WNI yang dinyatakan positif.