Polda Jatim Tanam Mangrove dan Sebar Benih Kepiting di TPI Romokalisari, Ini Tujuannya

Kabid Humas Polda Jawa Timur, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko menyampaikan kegiatan penanaman Pohon Mangrove dan Penyebaran Benih Kepiting di Lapangan TPI, Jalan Romokalisari Kecamatan Benowo Surabaya dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2020 yang bertajuk "Mewujudkan Laut Bersih Indah menuju Indonesia Bersih" serentak dilaksanakan seluruh Polda seluruh Indonesia.


Kegiatan yang di gelar oleh Direktur Kepolisian Perairan dan Udara (Polairud) Polda Jatim tersebut katanya memiliki berbagai manfaat. Salah satunya berfungsi untuk melestarikan alam dan meminimalisir terjadinya bencana.

"Manfaatnya sangat besar sekali. Menjaga keseimbangan alam agar meminimalisir terjadinya bencana karena kita peduli,” kata Kombes Pol Trunoyudo dikutip Kantor Berita RMOLJatim seusai penanaman pohon, Jum'at (21/2).

Selain itu, kata dia, manfaat lain adalah dapat meningkatkan perekonomian masyarakat yang tinggal di kawasan pesisir. Sebab, sebagian besar penduduk sekitar adalah para nelayan. 

“Itulah mengapa menjadi sumber ekonomi bagi masyarakat. Bisa untuk rekreasi dan lain-lain,” ujarnya.

Hal yang sama juga dikatakan Direktur Polisi Air Udara (Polairud) Polda Jatim, Kombes Pol Arnapi. 

Menurutnya dalam kegiatan kali ini, sebanyak 30 ribu pohon yang disebar sekitar kawasan tersebut. Selain itu, dalam kesempatan ini juga dilakukan pelepasan 200 ekor benih kepiting.

"Kami lakukan bersama-sama agar tercipta sinergitas antara TNI, POLRI, pemrintah kota, dengan masyarakat, nelayan, mahasiswa atau pelajar,” pungkasnya.