Demokrat Dukung Khofifah Bangun Bandara Perintis di Pacitan

Rencana Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa membangun penerbangan perintis di Pacitan. Ini bertujuan untuk bisa mempermudah akses pariwisata di tanah kelahiran mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini.


"Saya akan meminta teman-teman Partai Demokrat di Komisi D DPRD agar merealisasikan keinginan Gubernur Jatim membuat penerbangan perintis. Dengan melakukan koordinasi dengan OPD terkait," ujar Renville usai menghadiri Groundbreaking Museum dan Galeri Seni SBY Ani di Pacitan, Sabtu (22/2).

Renville menambahkan nantinya museum ini akan menjadi salah satu destinasi wisata edukasi baru di Pacitan. Menurutnya nantinya masyarakat tidak hanya mengetahui sosok SBY sejak kecil hingga jadi presiden.

"Tapi juga bagaimana cikal bakal lahirnya Partai Demokrat," katanya.

Sementara itu Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa optimistis Museum dan Galeri Seni SBY Ani akan menjadi gravitasi baru untuk sektor pariwisata Kabupaten Pacitan.

Untuk mendukung hal tersebut, ada potensi pendirian penerbangan perintis untuk bisa mempermudah akses pariwisata di Kabupaten Pacitan.

"Museum ini akan menjadi gravitasi baru untuk Pacitan. Nah berseiring dengan itu tentunya masyarakat pasti ingin ada kemudahan untuk akses. Ya kalau dari Solo, Jogja, mungkin aksesnya relatif lebih mudah tapi kalau dari Surabaya, Malang, Kediri, gimana, kalau ada penerbangan perintis akses akan lebih memungkinkan," kata Khofifah.

Wanita yang pernah menjadi Menteri Pemberdayaan Perempuan ini mengatakan pendirian penerbangan perintis di Pacitan ini bukan hal yang tidak mungkin. Karena menurutnya penerbangan perintis yang ada di Bawean dan Sumenep sudah memberikan manfaat yang besar.

"Tinggal dibutuhkan feasibility study atau uji kelayakan terkait bandara perintis agar bisa juga didirikan di Pacitan. Khususnya karena di Pacitan ini banyak terdapat gunung dan perbukitan," jelasnya.

Museum dan Galeri Seni SBY Ani tersebut juga menjadi kado bagi masyarakat Kabupaten Pacitan di ulang tahunnya yang ke 275 tahun. Khofifah berharap bukti kecintaan SBY pada kampung halamannya ini akan menjadi daya tarik pariwisata yang membangkitkan ekonomi Pacitan.

"Selain itu nantinya dalam Museum tersebut akan ada banyak referensi buku yang dibaca Pak SBY, yang membentuk pemikiran-pemikirannya selama ini, hingga buku hasil buah pikiran SBY sendiri," pungkasnya.