Pentingnya Uji Kompetensi Bidang Metrologi Bagi Siswa SMK

Pendidikan vokasi, khususnya lulusan SMK harus memiliki pengalaman dan skillkhusus agar dapat bersaing di dunia industri.


Oleh sebab itu, siswa SMK harus dapat meningkatkan kualitas, baik pendidikan maupun keterampilan untuk menghadapinya.

Maka, siswa SMK khususnya jurusan Teknik Mesin dan Otomotif harus lebih meningkatkan kompetensi, khususnya di bidang metrologi atau pengukuran, karena ilmu dasar metrologi inilah yang nantinya dibutuhkan di dunia kerja, terutama untuk industri manufaktur.

“Siswa SMK, khususnya jurusan teknik mesin dan otomotif harus lebih melatih skill metrologi untuk meningkatkan kualitas dan daya saing mereka di tengah persaingan industri 4.0, serta menciptakan SDM yang cakap dan berkeahlian tinggi bidang metrologi untuk kemajuan industri manufaktur di Indonesia,” kata Komisaris PT Kawan Lama Sejahtera, Tony Sartono, dalam keterangan tertulis yang diterima Kantor Berita RMOLJatim, Sabtu (29/2).

Senada dengan Tony Sartono, menurut Dosen Pengampu Metrologi di Politeknik ATMI Surakarta, Vinsentius Bram Armunanto, ilmu metrologi atau teknik pengukuran memiliki arti sangat penting khususnya dalam bidang industri manufaktur, karena berkaitan erat dengan beberapa hal.

Salah satu contohnya semua produk dalam industri manufaktur harus melalui proses pengukuran dan harus memenuhi tuntutan ukuran beserta karakteristik geometris yang semuanya masuk dalam sub bidang metrologi.

Sementara untuk mengasah skilsiswa SMK dalam bidang metrologi agar siap menghadapi industri 4.0, sebanyak 30 siswa dari 20 SMK se-Jakarta mengikuti kompetisi metrologi dalam LKS (Lomba Kompetensi Siswa) SMK 2020, pada 26-27 Februari 2020 di Kantor Dinas Pendidikan Jakarta Selatan.  Acara ini merupakan kerja sama antara PT Kawan Lama Sejahtera dengan Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta.