Tahun 2021, Air Terjun Tirai Bidadari Mulai Diseriusi Pemkab Probolinggo

Pemerintah Kabupaten Probolinggo berencana menggarap secara serius potensi wisata air terjun Tirai Bidadari di Kecamatan Tiris.


Air terjun di Desa Jangkang itu akan digarap secara serius pada tahun 2021. Karena air terjun tersebut memiliki karakter langka dan menyimpan banyak fenomena alam.

"Selanjutnya kami akan melakukan perencanaan dan desain yang tepat untuk kemudian kami cicil pelaksanaannya pada tahun 2021. Kedepannya kami akan upayakan pembangunan infrastruktur pada dua sisi, desa Jangkang dan Ranugedang agar potensi alam ini bisa dinikmati dari dua desa," kata Kepala Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan Sugeng Wiyanto pada Kantor Berita RMOLJatim, Sabtu (29/2).

Menurutnya, tim khusus Pemkab Probolinggo yang terdiri dari OPD, Legislatif dan Perhutani Probolinggo sudah melakukan survei lokasi air terjun Purba Tirai Bidadari.

Air terjun tirai bidadari/RMOLJatim

"Kehadiran tim khusus Pemkab Probolinggo disambut antusias masyarakat. Sebelum memulai survey lokasi, tim mengadakan sarasehan singkat bersama Kepala Desa berikut perangkat desa Jangkang, warga masyarakat setempat dan LMDH selaku Inisiator dibuka nya spot wisata air terjun purba tirai bidadari ini," ungkapnya.

Selain itu, masyarakat setempat diharapkan bekerja keras sebagai langkah awal secara mandiri. 

"Karena lokasinya berada diantara dua desa yakni Desa Jangkang dan Ranugedang, agar pengelolaannya lebih baik kita akan bahas lebih lanjut bersama dua desa. Hal ini merupakan salah satu upaya untuk mendorong pemerintah desa untuk segera membentuk Pokdarwis," pungkasnya.