Polresta Sidoarjo Launching SIM Minggu

Polresta Sidoarjo kini membuka pelayanan SIM setiap hari Minggu. Hal ini dilakukan untuk memberi kemudahan kepada masyarakat, khususnya yang tidak dapat mengurus SIM di hari Minggu..


"Minggu pagi ini kita mengawali pelayanan SIM Minggu, yang sekarang ada anggota TNI dari Kodim 0816 Sidoarjo beserta Persid mengurus SIM di Polresta Sidoarjo," ujar Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Sumardji dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Minggu (1/3). 

Dibukanya pelayananan SIM Minggu ini, tidak hanya untuk anggota TNI saja. Melainkan juga dibuka bagi masyarakat umum, ASN, TNI/Polri, dan anak sekolah yang sudah cukup umur yang mereka tidak memiliki waktu mengurus SIM di hari Senin-Sabtu.

"Terobosan program SIM Minggu Polresta Sidoarjo juga guna menjawab masukan dari masyarakat, yang merasa selama ini tidak punya waktu untuk mengurus SIM di hari kerja," lanjut Kombes Pol. Sumardji.

Acungan jempol terkait terobosan kemudahan pengurusasn SIM oleh Kapolresta Sidoarjo ini, seperti diutarakan Dandim 0816 Sidoarjo Letkol Inf. M. Iswan Nusi.

Menurutnya sudah saatnya masyarakat dimudahkan terkait pelayanan kepolisian. Seperti halnya yang saat ini dilakukan Polresta Sidoarjo, dengan membuka pelayanan pengurusan SIM di hari Minggu.

"Masyarakat yang tidak dapat mengurus SIM di hari kerja, kini telah difasilitasi oleh Polresta Sidoarjo di hari Minggu. Bagus sekali, terobosan baru untuk kemajuan Polri dan masyarakat yang kian diberi kemudahan," jelas Dandim 0816 Sidoarjo Letkol Inf. M. Iswan Nusi.

Masyarakat yang ingin memanfaatkan pelayanan SIM Minggu Polresta Sidoarjo, dapat langsung datang ke Satpas Polresta Sidoarjo setiap Hari Minggu. Atau dapat terlebih dulu mendaftarkan diri melalui aplikasi E-SIM Sidoarjo melalui Play Store, selanjutnya petugas akan mengkompulir daftar masyarakat sesuai pilihan waktu sampai terpenuhinya kuota yang telah ditentukan yakni sementara ini sejumlah 100 pendaftar SIM di hari Minggu.

Mengenai persyaratan yang dibawa dalam pengurusan SIM Minggu, adalah surat lulus kesehatan jasmani dan surat lulus kesehatan rohani, foto copy ktp, foto copy SIM lama. Sedangkan untuk tahapan tes yang dilalui tetap melalui mekanisme ketentuan yang berlaku mulai dari tes toeri sampai dengan tes praktek. 

Untuk pembayaran biaya administrasi juga sesuai dengan ketentuan PP 60/2016, dan Polresta Sidoarjo bekerjasama dengan BRI Kabupaten Sidoarjo dengan terobosan “Teras BRI” guna pembayaran PNPB SIM pada Hari Minggu.

Inovasi SIM Minggu ini, diharapkan dapat menjadi pilot project dalam memberikan pelayanan masyarakat, serta upaya Polresta Sidoarjo dalam mempertahankan predikat Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).