Kepengurusan JMSI Jabar Resmi Terbentuk

Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) resmi memiliki perwakilan di Provinsi Jawa Barat. Pembentukan JMSI Jawa Barat ini merupakan tindak lanjut Deklarasi JMSI di sela peringatan Hari Pers Nasional di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.


Kelahiran JMSI Jawa Barat dibidani oleh 16 pimpinan media siber di Tanah Pasundan. Pembentukannya disepakati dalam rapat perdana, yang digelar di Jl. Rancagoong Indah I No. 2, Kota Bandung, Senin (2/3).

Forum rapat sepakat menunjuk pemegang mandat  pembentukan JMSI  Jawa Barat, Sony Fitrah Perizal (RMOLJabar.id), sebagai Plt Ketua, Robi Taufiq A (Pojokberita.co.id)  sebagai Bendahara dan Dede Gumilar (Media3.id), sebagai sekretaris.

Adapun media yang bergabung dengan JMSI Jabar, adalah Media3.id, Edupublikjabar.com, Buananews.com, RMOLJabar.id, Bandungbaratpos.com, Jabarbicara.com, Kabarnusantaranews.com, Logikanews.com, Pojokberita.co.id, Spiritnews.co.id, TiNewss.com, Kabarpublikjabar.id, Tweetup.id, Perantaranews.com, dan Prabunews.com.

Diungkapkan Plt Ketua JMSI Jawa Barat, Sony Fitrah Perizal, sesuai tujuan didirikannya, JMSI hadir untuk mewujudkan ekosistem industri media siber yang sehat dan profesional, yang dapat mendukung kehidupan bernegara yang demokratis dan berorientasi pembangunan.

“Selain itu JMSI bertujuan membantu anggotanya sehingga dapat memiliki manajemen usaha, produk pemberitaan, dan infrastruktur IT yang memadai dan berkualitas baik,” kata Sony seperti dilansir Kantor Berita RMOL Jabar.

Sekedar informasi, JMSI merupakan organisasi perusahaan media berbasis internet, yang di deklarasikan oleh 21 utusan provinsi se-Indonesia pada 8 Februari 2020, di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Deklarasi tersebut dihadiri sejumlah tokoh pers nasional dan daerah, seperti  Ilham Bintang, Rosiana Silalahi, Teguh Santosa, Rahiman Dani, Dheni Kurnia, Eko Pamuji, Mahmud Marhaba, Mursyid Sonsang, Milhan Rusli, Zahrial Aziz, dan lain-lain.