Pasar Baru Tuban Terbakar, Ribuan Kios dan Los Hangus

Kebakaran yang terjadi di Pasar Baru Tuban Jawa Timur, mengakibatkan ribuan kios dan los hangus dilalap si jago merah pada, Rabu (4/3) dini hari.


Terkait peristiwa itu, Bupati Tuban Fathul Huda mengatakan pihaknya segera berkoordinasi dan musyawarah dengan pedagang untuk menentukan nasib  mereka kedepan. 

"Karena kondisi ini memang darurat, kami akan segera membersihkan sisa-sisa kebakaran. Kemudian, mendirikan kios-kios sementara agar para pedagang bisa tetap berjualan," ujarnya. 

Senada juga disampaikan, Kepala Dinas Koperasi Industri dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Tuban Agus Wijaya bahwa pihaknya masih menghitung kerugian total kios dan los yang terbakar.

"Untuk kios dan los yang terbakar rata-rata jualan sembako dan pakaian, makanya kita masih menghitung jumlah validnya ada berapa," tuturnya.

Sementara, Kapolres Tuban AKBP Ruruh Wicaksono menegaskan data sementara yang dimiliki pihaknya ada 1.942 kios dan 600 los yang hangus terbakar di Pasar Baru Tuban. 

"Data sementara ada 1.942 kios dan 600 los terbakar, tapi kami masih pastikan untuk menghitung terus agar lebih valid," ungkapnya.

"Untuk memadamkan api, diterjunkan 11 mobil damkar dan 15 mobil tangki penyuplai air milik BPBD setempat. Meski api berhasil dipadamkan sekitar pukul 05.30 WIB pagi tadi. Hingga kini, petugas pemadam masih melakukan pembasahan di titik yang terdapat asap," tutupnya.