Pemred RMOLLampung: Terima Kasih Supoort Kawan-kawan Jurnalis Lampung

Keluarga besar RMOLLampung mengucapkan terimakasih banyak atas dukungan luar biasa kawan-kawan jurnalis wartawan di Lampung maupun di berbagai provinsi lain atas peristiwa yang dialami reporternya, Tuti Nurkhomariyah, di Kantor Gubernur Lampung, Selasa (3/3) lalu.


“Kami sangat berterimakasih kepada Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI), Aliansi Jurnalistik Indonesia (AJI) Lampung, Forum Pers Independent Indonesia (FPII) Lampung, dan berbagai media siber di Lampung dan berbagai provinsi lainnya yang ikut berempati terhadap apa yang terjadi sebagai sesama jurnalis,” kata Herman BM, Pemred RMOLLampung, Kamis (53/).

Menurut Herman, RMOLLampung kini tidak merasa sendirian. Pasalnya banyak rekan-rekan media yang menjadi penyemangat dengan menggelar aksi solidaritas.

“Kawan-kawan seprofesi mengusulkan agar kami memempertimbangkan langkah-langkah berikutnya agar masalah seperti yang kami tak terjadi lagi. Kami tak bisa menolak ide kawan-kawan untuk menggelar aksi solidaritas terhadap peristiwa yang dialami reporter kami. Bahkan, kami terharu ghiroh sesama jurnalis ternyata masih tinggi,” terangnya.

Selain itu, tidak sedikit yang mengusulkan masalah yang diduga ada unsur ancaman tersebut dipertimbangkan langkah hukummya. Untuk hal itu, RMOLLampung tengah konsultasikan ke RMOL.id (pusat) dan para advokat.

“Sekali lagi, kami mengucapkan terimakasih atas support kawan-kawan jurnalis Lampung dan berbagai provinsi serta wadah-wadah organisasi wartawan dan perusahaan media,” tutupnya.

Sebelumnya reporter RMOLLampung Tuti Nurkhomariyah mengalami intimidasi di Ruang Rapat Utama Kantor Gubernur Lampung, Selasa siang (3/3).

Di hadapan sejumlah kepala dinas di lingkungan Pemprov Lampung dan belasan wartawan, Gubernur Arinal Djunaidi menyinggung sebuah pemberitaan yang mengangkat soal kehadirannya mengenakan pakaian dinas dalam Musda X Partai Golkar Lampung di Graha Wangsa, Bandarlampung, sehari sebelumnya (Senin, 2/3).

Kepada wartawan yang hadir di Rupatama Kantor Gubernur Lampung saat itu, Arinal bertanya apakah wartawan RMOLLampung hadir.

Tuti Nurkhomariyah lantas mengacungkan tangan.

Melihat kehadiran wartawati RMOLLampung itu, Guberur Arinal melanjutkan tegurannya. Kali ini dengan membawa-bawa pakaian muslimah yang dikenakan Tuti.

“Kamu pake kerudung. Samiknawaatoqna. Jangan sampai innalilahiwainnaIlilaIhirojiun,” ujar Arinal diikuti permintaan agar sang wartawati membuat berita yang baik-baik saja.