Revitalisasi Bak Penampung untuk 2.822 Kepala Keluarga Lereng Kelud

Meski peristiwanya sudah berlalu beberapa tahun silam, namun dampak erupsi gunung Kelud hingga sampai sekarang masih dirasakan oleh masyarakat.


Bagi masyarakat yang tinggal di lereng kaki gunung Kelud, mereka mengalami kesulitan mendapatkan pasokan air bersih dikarenakan rusaknya prasarana fasilitas pipa penyaluran air maupun bak penampungan air.

Merespon keluhan tersebut, Kodim 0809, PTPN 12 Sepawon serta perusahaan rokok terkemuka di Kediri melaksanakan kegiatan revitalisasi tandon atau perbaikan tempat penampungan air.

Pelaksanaan kegiatan perbaikan ini difokuskan di Darmawulan, Desa/Kecamatan Puncu, Kabupaten Kediri.

Alasan perbaikan dilakukan karena selama ini kondisi fisik tandon sangat memprihatinkan. 

Ada sekitar 4 tandon yang dilakukan perbaikan. Dimana setiap tandon masing masing memiliki kapasitas daya tampung air sebanyak 63,65 M , 140 M, 13,37 M dan 0,24 M.

Untuk panjang pipa distribusi air bersih terhitung dari tandon 1 (paling bawah) ke area lokasi pemukiman penduduk terdekat sekitar 1,5 kilo meter.

"Alhamdulillah berkat kerja keras kita semua dan tim yang bertugas, dalam kurun waktu 2,5 bulan telah diselesaikan perbaikan 4 tandon bak penampung air dengan kapasitas total kurang lebih 220 meter kubik air yang semuanya berada diwilayah Afdeling Darmawulan desa Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri," terang Ihhwan Tricahyono selalu Public Relation Manager PT Gudang Garam, Jumat (6/3).

Ditambahkan Ihwan, ini merupakan sebagai wujud kepedulian dari perusahaan terhadap masyarakat sekitar lereng kaki gunung Kelud yang selama ini cukup kesulitan untuk mendapatkan pasokan air bersih.

Ia berharap dengan adanya kegiatan  perbaikan tandon tersebut, nantinya bisa meningkatkan kualitas air bersih dan memperlancar pendistribusianya sampai ke rumah warga, khususnya bagi 2.822 kepala keluarga yang berlokasi di tujuh dusun di Desa Puncu dan Desa Satak kecamatan Puncu Kabupaten Kediri. 

Sementara itu Dandim 0809 Kediri Letkol Kav Dwi Agung Sutrisno mengatakan prajurit TNI AD yang ikut dilibatkan dalam kegiatan revitalisasi tandon ini berasal Koramil Puncu serta turut diikutsertakan sejumlah warga yang suka rela bergotong royong membantu.