Bawaslu Probolinggo Bentuk Pojok Pengawasan

Bawaslu Kabupaten Probolinggo membentuk Pojok Pengawasan yang ditempatkan di Kantor Bawaslu setempat, Jalan raya Semampir Kota Kraksaan.


Ketua Bawaslu Kabupaten Probolinggo, Fathul Qorib mengatakan, Pojok Pengawasan adalah pusat pengembangan ilmu pengetahuan mengenai demokrasi dan pengawasan pemilu.

Manfaat tersebut bukan hanya diberikan bagi publik awam saja, namun juga penggiat dan pemantau pemilu, bagi para pemangku kepentingan pemilu dan pengawasan pemilu, terlebih bagi pengawas pemilu itu sendiri.

"Karena pembaruan data dan informasi adalah kebutuhan yang wajib dipenuhi agar publik dapat mengakses kebutuhan informasi dengan mudah dan cepat,” ujarnya pada Kantor Berita Politik RMOLJatim, Senin (9/03).

Menurut Qorib, manfaat Pojok Pengawasan diantaranya sebagai ruang partisipasi dan ekspresi masyarakat.

"Artinya, Bawaslu menampung partisipasi dan kebijakan dari semua golongan masyarakat untuk ditindaklanjuti sebagai masukan atas kebijakannya," ungkap dia.

Kemudian kata dia, Pojok Pengawasan tersebut untuk meningkatkan mutu data dan informasi pengawasan pemilu di Kabupaten Probolinggo dan pusat penelitian.

"Pojok pengawasan bisa meningkatkan pelibatan masyarakat dalam pengawasan partisipatif serta mewujudkan pusat penelitian dan pengembangan pengawasan pemilu. Sehingga apapun yang disajikan Bawaslu Kabupaten Probolinggo dapat membantu masyarakat lebih mudah dan cepat dalam mendapatkan informasi,” pungkasnya.