Debat Kandidat Ketum PMII Dengan Tema Ideologi Organisasi, Begini Pesan Gus Han

Pengasuh Pondok Pesantren Queen Darul Ulum, Gus Zahrul Azhar Asad atau biasa dikenal Gus Han berharap kader PMII bisa menjadi penerus pada kepengurusan di Nahdlatul Ulama dan tidak terlibat atau masuk pada tataran politik praktis, tetap menjaga ideologi Ahlussunnah dalam konteks fikiran, Minggu (15/03).


Hal itu diutarakan Gus Han usai menghadiri Debat Kandidat Calon Ketua Umum PB PMII dan Ketua KOPRI PMII di Auditorium Kampus Unipdu, Sabtu (14/03) sore kemarin. Gus Han menilai bahwa pelurusan ideologi itu sangat penting agar terhindar dan terjaga dari berbagai kepentingan politik praktis.


"Pelurusan ideologi itu sangat penting, karena ke depan kader PMII ini menjadi penerus di Nahdlatul Ulama, sehingga idealisme harus tetap terjaga, jangan sampai ada kepentingan praktis yang mengakibatkan melenceng dari memperjuangkan ajaran Ahlussunnah Wal Jamaah dalam kontek fikir," terang Gus Han.

Lebih lanjut Ia menambahkan jika debat kandidat Calon Ketua Umum PB PMII di Jombang sangat tepat dengan tema Ideologi Organisasi. Sehingga ideologi Ahlussunnah Wal Jamaah itu harus melekat pada diri kader-kader PMII, begitupun rasa cinta kader yang harus tertanam terhadap organisasi agar tidak membawa kepentingan politik praktis.

Terkait Sosok Calon Ketua Umum PB PMII, Gus Han meguraikan jika yang dibutuhkan saat ini adalah Ketua yang merespon kemauan milenial. Bonus demografi merupakan berkah sekaligus ancaman jika tidak disikapi dengan baik, mengingat PMII itu memiliki peran penting sebagai organisasi usia produktif yang bisa memberikan saran dan masukan kepada pemerintah.

"Mereka dengan spesifikasi yang mau terbuka terhadap kemajuan zaman, memahami dunia Informasi dan Teknologi, dan bersikap bijak, kedewasaan dalam merespon berbagai persoalan, terlebih banyaknya hoak, maka dibutuhkan kedewasaan dalam merespon," pungkasnya.

Berita sebelumnya, sebanyak 17 Calon Ketua Umum PB PMII dan 3 Calon Ketua KOPRI melaksanakan debat kandidat dengan tema " Ideologi Organisasi " di Auditorium Kampus Unipdu. Hadir berbagai Alumni Pergerakan Mahasisa Islam dari berbagai kalangan baik akademisi, Tokoh Politik dan juga Birokrat.

Debat kandidat ini merupakan acara ke - 4 dari 6 rangkaian yang dilaksanakan di Indonesia. Pelaksanaan debat kandidat keliling se Nusantara merupakan bagian dari pengenalan visi misi Calon kepada seluruh kader didaerah masing-masing dan menggelorakan semangat Kongres PMII.