Tangani Pasien Suspect Corona, RSUD Sidoarjo Batasi Pengunjung

RSUD Sidoarjo mengeluarkan Kebijakan pembatasan pengunjung yang diberlakukan sejak Senin (16/3) ini hingga batas waktu yang belum bisa ditentukan. Selain itu, setiap pengunjung RSUD Sidoarjo akan dilakukan pemeriksaan suhu badan.


Langkah tersebut diambil pihak RSUD Sidoarjo untuk mencegah dan meningkatkan kewaspadaan menyebarnya virus corona atau Covid-19 mengingat ada pasien suspect virus Corona yang sedang ditangani pihak RSUD Sidoarjo.

Pernyataan tersebut disampaikan Direktur RSUD Sidoarjo, dr. Atok Irawan, Sp.P pada waktu konferensi pers di ruang rapat RSUD Sidoarjo, Senin (16/3).

Pengantar atau penunggu pasien dibatasi hanya diperbolehkan 1 orang, setiap pengunjung dilakukan screening suhu badan. Jika ada pengujung yang ditemukan dengan suhu badan di atas 37 derajat maka disarankan dilakukan pemeriksaan dan pihak rumah sakit akan melakukan pemantauan.

“Kebijakan pembatasan pengunjung sudah mulai diberlakukan hari ini, senin 16 maret sampai batas waktu yang belum ditentukan, penunggu pasien hanya diperbolehkan 1 orang dan setiap pengunjung akan kita cek suhu badannya. Kebijakan ini kita lakukan sebagai upaya meningkatkan kewaspadaan penyebaran Covid-19. RSUD Sidoarjo juga tengah memperbanyak ruang isolasi untuk antisipasi tambahan pasien dengan suspect Covid-19,” kata Atok Irawan.

Sampai saat ini RSUD Sidoarjo sudah menangani 4 pasien dengan suspect Covid-19, dua pasien dinyatakan negatif dan sudah kembali pulang, tinggal dua pasien yang dirawat instensif dengan status PDP (Pasien Dalam Pengawasan).

Kondisi dua pasien saat ini dalam perawatan intensif di ruang isolasi dan masih belum dinyatakan positif Covid-19. Keduanya diperiksa meliputi riwayat kunjungan pasien, cek lab darah, dan pemeriksaan SWAP tenggorokan.

Khusus untuk pemeriksaan SWAP tenggorokan pihak RSUD Sidoarjo kerjasama dengan Unair, sampai saat ini pihak RSUD masih menunggu hasil uji lab SWAP kedua pasien. “Kedua pasien sekarang ini statusnya PDP (Pasien Dalam Pengawasan), statusnya nanti menunggu hasil uji lab SWAP tenggorokan dari Unair,” papar dr. Wasis, Sp. P Ketua Tim Dokter penanganan pasien Covid-19.

Sebelumnya, RSUD Sidoarjo menerima rujukan dari RSU. Dr. Wahidin Sudiro Husodo Mojokerto dengan pasien inisial (M) laki-laki usia 52 tahun. M merupakan pasien kode 4 yang ditangani RSUD Sidoarjo, riwayat kunjungan M sebelumnya pernah kontak fisik langsung dengan pasien di Jakarta yang positif Covid-19.

Beberapa hari kemudian setelah dari Jakarta, M mengeluh sesak nafas, demam dan batuk-batuk selanjutnya M berobat ke RSU Dr. Wahidin Sudiro Husodo.

Sedangkan pasien dengan kode 3 inisial (A) laki-laki usia 47 tahun warga Surabaya yang tinggal di Sidoarjo. A memiliki riwayat perjalanan usai bertugas dari Jakarta mengeluh badannya panas, sesak nafas dan batuk-batuk. A kemudian memeriksakan diri ke RS. Delta Surya dan dirujuk ke RSUD Sidoarjo.

Saat ini kondisi M sudah membaik, dengan suhu badan 36,5 derajat dan cenderung stabil, sedangkan kondisi A masih sedikit sesak nafas, suhu tubuh 37 derajat dan radang paru-paru. Status kedua pasien baru ditentukan setelah melihat hasil lab SWAP tenggorokan dari Unair.